UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN SIKLUS ACE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X DI SMAN 9 MALANG ULFIA WAHYU PRANSISKA NIM : 201010060311164

PRANSISKA, ULFIA WAHYU (2015) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN SIKLUS ACE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X DI SMAN 9 MALANG ULFIA WAHYU PRANSISKA NIM : 201010060311164. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ulfiawahyu-40934-1-pendahul-n.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ulfiawahyu-40934-2-babi.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengalaman sebagai guru praktikan saat melakukan PPL di SMA Negeri 9 Malang. Berdasarkan hasil pengamatan langsung dan wawancara dengan guru matematika SMA Negeri 9 Malang didapati bahwa minat siswa rendah dalam mengikuti pelajaran matematika sehingga siswa cenderung pasif di dalam kelas dan hasil belajar sebagian besar siswa tidak mencapai KKM yang sudah ditetapkan di sekolah. Hal tersebut terjadi karena guru kerap kali menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran matematika sehingga digunakan metode mind mapping dengan pendekatan siklus ACE agar siswa aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar yang meningkat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Jenis penelitian deskriptif adalah penelitian yang dirancang untuk menggambarkan keadaan subjek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Sedangkan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pemilihan pendekatan ini karena berdasarkan adanya kecocokan antara data yang diteliti yang sesuai dengan kejadian yang ada di lapangan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IIS 2 sebanyak 24 siswa dengan peneliti hanya tertuju pada penerapan metode mind mapping dengan pendekatan siklus ACE yang ditinjau dari aktivitas siswa dan juga hasil belajar siswa menggunakan metode tersebut. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. Hasil penelitian dari penerapan metode mind mapping dengan pendekatan siklus ACE terlaksana dengan baik, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil analisis aktivitas siswa mencapai persentase sebesar 79.32 % dengan taraf keberhasilan baik dan hasil belajar siswa mencapai rata-rata 84 dengan persentase keberhasilan mencapai 79.17 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:56
Last Modified: 28 Mar 2016 08:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22833

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo