UMM Institutional Repository

Penerapan Metode Pembelajaran TAI dengan Pendekatan CTL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bangil

Kiswandhini, Candra Dewi (2015) Penerapan Metode Pembelajaran TAI dengan Pendekatan CTL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bangil. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candradewi-38806-1-pendahul-n.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candradewi-38806-2-babi.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan Metode Pembelajaran TAI dengan Pendekatan CTL pada pembelajaran matematika siswa kelas VII-J SMP Negeri 1 Bangil. 2) Mengetahui peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan Metode TAI dengan Pendekatan CTL pada pembelajaran matematika. 3) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan motode Team Assisted Individualization dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bangil pada tanggal 30 September 2014 – 11 Oktober 2014. Objek pada penelitian ini adalah metode pembelajaran TAI dengan pendekatan CTL. Sedangkan yang menjadi subjek adalah siswa kelas VII-J SMP Negeri 1 Bangil. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru, kemampuan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran, dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan memberikan tes individu berupa soal pemecahan masalah. Penerapan metode pembelajaran TAI dengan pendekatan CTL diawali dengan pemberian kesempatan untuk belajar secara individual, pemberian post-tes, pembagian kelompok, diskusi masing-masing kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode TAI dengan Pendekatan CTL pada pembelajaran matematika sudah terlaksana dengan baik sesuai sintak yang telah direncanakan. (2) terjadi penigkatan aktivitasbelajar siswa selama proses pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran TAI dengan pendekatan CTL hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan aktivitas disetiap pertemuan. Pada pertemuan pertama rata-rata keseluruhan mencapai presentase 62,24% dengan kategori cukup baik, pada pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 69,62%, selanjutnya pada pertemuan ketiga menjadi 74,39% dan pada pertemuan keempat menjadi 77,74% dengan ketegori baik, 3) terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada memahami masalah, mebuat perencanaan, melaksanaan rencana, dan mengecekan kembali, dapat dilihat dari pencapaian presentase pertemuan pertama 60,20% dengan kategori cukup baik. Pada pertemuan kedua mengalami peningkatan 63,77%, selanjutnya pada pertemuan ketiga menjadi 71,27% dan pada pertemuan keempat menjadi 75,00% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:53
Last Modified: 28 Mar 2016 08:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22828

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo