UMM Institutional Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMILIHAN DAN PEMESANAN TEMPAT WISATA MENGGUNAKAN METODE FUZZY SUGENO (Studi Kasus CV Pritama Tours Tujuan Wisata Yogyakarta)

LOVINDHA, OLGA (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMILIHAN DAN PEMESANAN TEMPAT WISATA MENGGUNAKAN METODE FUZZY SUGENO (Studi Kasus CV Pritama Tours Tujuan Wisata Yogyakarta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-olgalovind-41246-1-pendahul-n.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-olgalovind-41246-2-bab1.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pengambilan keputusan dialami wisatawan yang ingin berwisata ke kota Yogyakarta. Seringkali wisatawan merasa bingung dalam memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata yang cocok bagi mereka. Untuk itu diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan gambaran mengenai tujuan wisata tersebut. Sehingga nantinya dapat membantu mereka dalam menentukan objek wisata yang cocok bagi para wisatawan tersebut. Contohnya adalah biaya yang akan dikeluarkan, lamanya waktu yang akan dihabiskan. Kebutuhan-kebutuhan ini akan mempengaruhi keputusan mereka dalam pemilihan tujuan perjalanan mereka. Sistem pendukung keputusan pariwisata pada penelitian ini dibangun untuk membantu wisatawan dalam memperoleh informasi tujuan wisata dengan parameter harga, lama berwisata, dan jumlah pengunjung dengan metode logika fuzzy. Keuntungan logika fuzzy yaitu mampu mnyelesaikan masalah keputusan dengan representasi pengetahuan di lingkungan yang tidak pasti dan ambigu sehingga sangat baik untuk diterapkan di dalam system pendukung keputusan. Diharapkan dengan sistem ini dapat memberikan informasi yang jelas mengenai tujuan objek wisata kepada para wisatawan secara cepat dan tepat. Sistem akan memberikan informasi tujuan serta paket wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan sesuai dengan parameter yang dimasukkan dan memberikan output berupa pilihan-pilihan paket wisata dan tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh calon wisatawan. Aplikasi yang telah dirancang dapat membantu dinas terkait untuk mengenalkan pariwisata daerah tersebut menggunakan sistem rekomendasi wisata dengan menyesuaikan budget wisatawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:49
Last Modified: 28 Mar 2016 08:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22823

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo