UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PADA SISWA SMP/MTS KELAS VIII

BAKHTIAR, SOKHIB (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PADA SISWA SMP/MTS KELAS VIII. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sokhibbakh-38809-1-pendahul-n.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sokhibbakh-38809-2-babi.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, guru dapat menggunakan Adobe Flash CS3 sebagai salah satu pilihan media pembelajaran. Sehingga diharapkan dengan mengemas materi pembelajaran menggunakan Adobe Flash CS3, siswa lebih memahami materi dan tertarik mengikuti KBM. Tujuan pengembangan media pembelajaran yaitu untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran yang nantinya digunakan oleh guru di kelas dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D) yang dilakukan secara bertahap, yaitu (1) tahap kebutuhan awal, (2) desain media, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) penilaian. Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Pagak Malang, dengan subjek penelitian 12 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi dan siswa. Berdasarkan hasil validasi media serta uji coba kepada validator dan 12 siswa di SMP Islam Pagak Malang dengan pengisian angket yang disediakan, maka didapatkan kesimpulan bahwa media pembelajaran ini efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Apabila nilai rata-rata total validasi dari validator terhadap media pembelajaran berada diantara 3≤RTK_TK≤4 maka media pembelajaran dinyatakan valid. Nilai validasi dari ahli materi 1 yaitu 3,8 dan ahli materi 2 yaitu 3,93 sedangkan nilai validasi dari ahli media 1 yaitu 3,75 dan ahli media 2 yaitu 3,875 dan rata-rata penilaian 12 siswa yaitu 3,561. Dari hasil belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis komputer ini tuntas karena ≥ 75% dari seluruh subyek uji coba memenuhi ketuntasan belajar dan adanya respon positif siswa yang ditunjukkan dari angket

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:47
Last Modified: 28 Mar 2016 08:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22820

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo