UMM Institutional Repository

Kreativitas Guru dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika di SMAN 3 Malang

IRAWATI, RIA (2015) Kreativitas Guru dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika di SMAN 3 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riairawati-38868-1-pendahul-n.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riairawati-38868-2-babi.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak guru yang dalam melaksanakan pembelajaran masih menggunakan metode pembelajaran yang lama tidak sesuai dengan kurikulum 2013, dan kurangnya pemahaman guru tentang konsep pendekatan saintifik, untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan kreativitas guru. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui kreativitas guru dalam menerapkan pendekatan saintifik di SMAN 3 Malang. Dipilih sekolah tersebut karena peneliti ingin mengetahui bagaimana kreativitas guru di sekolah yang ditunjuk langsung oleh pemerintah dan sekolah yang dianggap oleh masyarakat sekitar sebagai sekolah favorit dikota malang untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika maka dari itu penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 oktober 2014 sampai 30 oktober 2014 pada semester ganjil tahun ajaran 2014-2015 di SMAN 3 Malang. Instrumen yang digunakan adalah pedoman dokumentasi, pedoman wawancara, pedoman observasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kreativitas guru dalam menerapkan pendekatan saintifik meliputi: (1) Kreativitas guru dalam merencanakan pembelajaran yaitu menambahkan detail syntaks kegiatan 5M dan syntaks metode/model yang digunakan didalam RPP yang digunakan dan membuat LKS yang syntaks perintahnya disesuaikan dengan kegiatan 5M serta didesain semenarik mungkin. (2) Kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu guru membuat PPT yang kegiatannya telah disesuaikan dengan kegiatan 5M agar pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih terarah dan untuk mempermudah menerapkannya. (3) Kreativitas guru dalam mengevaluasi pembelajaran yaitu melakukan evaluasi disetiap kegiatan dengan memberikan pertanyaan yang bervariasi dan untuk memberikan penilaian kepada peserta didik disetiap kegiatan guru memberikan no sesuai dengan no absen kepada masing-masing peserta didik untuk mempermudah penilaian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:42
Last Modified: 28 Mar 2016 08:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22814

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo