UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE DISKUSI TERBIMBING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KARTU GAME MATEMATIKA (KGM) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS AN-NUR LUMAJANG

ADAWIYAH, ROBI'ATUL (2015) PENERAPAN METODE DISKUSI TERBIMBING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KARTU GAME MATEMATIKA (KGM) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS AN-NUR LUMAJANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-robiatulad-39155-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-robiatulad-39155-2-babi.pdf

Download (851kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal saat dilakukannya pra penelitian di MTs An-Nur Lumajang guna memenuhi tugas akhir untuk mendapatkan gelar sarjana pendidikan matematika. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan dengan guru matematika di MTs An-Nur Lumajang ditemukan bahwa siswa malas dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran matematika di kelas yang berakibat pada suasana kelas yang pasif dan rata-rata nilai ulangan harian juga rendah. Hal ini terjadi karena guru menggunakan metode yang monoton dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga diterapkannya metode diskusi terbimbing dengan memanfaatkan media Kartu Game Matematikma (KGM) agar siswa aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok, sedangkan pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan yang lebih menekankan pada aspek pengukuran secara obyektif terhadap fenomena sosial, dimana peneliti adalah sebagai instrumen. Sedangkan jenis penelitian deskriptif adalah penelitian yang dirancang untuk menggambarkan keadaan subjek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Peneliti hanya tertuju pada penerapan yang dilihat dari aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan metode diskusi terbimbing dengan memanfaatkan media KGM pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian dari penerapan metode diskusi terbimbing dengan memanfaatkan media KGM terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan secara keseluruhan rata-rata aktivitas siswa mencapai 70,75% dengan taraf keberhasilan cukup baik dan hasil belajar siswa secara individu mencapai rata-rata 77,65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,60%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:14
Last Modified: 09 Feb 2018 07:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22797

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo