UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU

DAMAYANTI, IRMA (2015) PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-irmadamaya-39156-1-pendahul-n.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-irmadamaya-39156-2-babi.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi matematika dan hasil belajar siswa disebabkan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam menyampaikan materi, sehingga siswa dalam pembelajaran cenderung pasif tidak mendengarkan penjelasan guru dan kurang mendukung keaktifan belajar siswa. Akibatnya kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 34 siswa di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan tes. Lembar observasi digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pengamatan tentang kemampuan komunikasi matematika siswa secara lisan untuk menilai kemampuan, sedangkan lembar tes digunakan untuk untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika secara tertulis dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan di awal pertemuan dan diakhir pertemuan. Hasil penelitian diperoleh untuk kemampuan komunikasi matematika secara lisan mengalami peningkatan pada pertemuan pertama 58,24% meningkat menjadi 68,78%, sedangkan untuk rata-rata nilai pre-test dan post-test untuk komunikasi matematika secara tertulis dan hasil belajar. Rata-rata nilai pre-test 51,38 dan nilai post-test 73,88, sedangkan untuk hasil belajar rata-rata nilai pre-test 55,56 dan rata-rata nilai post-test 75,94. Hasil analisis dengan menggunakan uji-t diketahui nilai probabilitas dari kedua uji tersebut sebesar 0,000 artinya nilai probabilitas lebih kecil dari nilai alpha yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Batu, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:10
Last Modified: 28 Mar 2016 08:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22796

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo