UMM Institutional Repository

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 WINONGAN-PASURUAN

ALDINA, WARA (2015) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 WINONGAN-PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-waraaldina-39221-1-pendahul-n.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-waraaldina-39221-2-babi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan berdasarkan kriteria George Polya, menemukan aspek kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tersebut, serta mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B di SMP Negeri 1 Winongan-Pasuruan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode tes dan metode wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian diketahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan yaitu kesalahan memahami soal, dimana siswa kurang lengkap, tidak teliti ataupun tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Kesalahan merencanakan penyelesaian, dimana siswa salah dalam menentukan operasi hitung yang akan digunakan, serta salah dalam menyusun langkah awal penyelesaian yaitu pada saat menentukan rumus yang akan digunakan. Kesalahan melaksanakan rencana penyelesaian, dimana siswa tidak menyelesaiakan soal, tidak menguasai konsep operasi pada bilangan pecahan, salah dalam melakukan komputasi, serta tidak melanjutkan langkah-langkah penyelesaian dengan tuntas. Kesalahan memeriksa kembali, dimana siswa salah atau tidak menuliskan satuan, serta siswa kurang lengkap, salah ataupun tidak menuliskan kesimpulan. Dari keempat aspek kesalahan tersebut, aspek kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Winongan-Pasuruan dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan yaitu pada aspek memeriksa kembali yaitu sebesar 63,79%. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita antara lain siswa tidak memahami maksud soal sehingga menyebabkan kegagalan dalam mengerjakan soal, siswa kurang menguasai konsep operasi hitung pada pecahan, siswa kurang teliti dalam melakukan operasi penghitungan, selain itu siswa tidak memeriksa kembali hasil pekerjaannya sehingga siswa menggunakan penghitungan yang salah dalam menarik kesimpulan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:03
Last Modified: 28 Mar 2016 08:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22792

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo