UMM Institutional Repository

STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VIII DI MTS SURYA BUANA

KHASANAH, FITRIYAH NUR (2015) STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VIII DI MTS SURYA BUANA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriyahnu-39288-1-pendahul-n.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriyahnu-39288-2-babi.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika wajib kelas VIII-A MTs Surya Buana. Ditemukan bahwa siswa kurang dilibatkan dalam soal pemecahan masalah dan keterbatasan media pembelajaran, sehingga berpengaruh dalam hasil belajar yang masih dibawah KKM dan siswa yang merasa jenuh dengan pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian dekriptif komparasi. Penelitian ini dilakukan di MTs Surya Buana pada tanggal 12 November-21 November 2014. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTs Surya Buana, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa berupa soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan antara aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan Prolem Posing. Hal ini berdasarkan hasil analisis dengan SPSS 15 uji Chi-Square diperoleh nilai exact sig (2-sided)adalah 0,109. Nilai signifikansi data tersebut lebih besar dari 0,05 sehingga Ho diterima dan dapat disimpulkan bahwatidak ada perbedaan aktivitas belajar antara menggunakan Problem Solving dan Problem Posing. (2) tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan Prolem Posing. Hal ini berdasarkan hasil analisis SPSS 15 menggunakan uji Paired- Sample T Test diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas VIII-A menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing tidak ada perbedaan atau sama. Hasil pengujian menunjukkan nilai sig (0,182)>α (0,05) maka Ho diterima.Hal ini menunjukkan adanya temuan penelitian bahwa tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing pada siswa kelas VIII-A MTs Surya Buana Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 07:52
Last Modified: 28 Mar 2016 07:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22784

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo