UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERORIENTASI KONTEKSTUAL DI KELAS 1 SMP AR-ROHMAH PUTRI DAU

AGUSTIN, KHORID (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERORIENTASI KONTEKSTUAL DI KELAS 1 SMP AR-ROHMAH PUTRI DAU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khoridagus-39359-1-pendahul-n.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khoridagus-39359-2-bab1.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manuasia yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang baik. Proses pembelajaran dirancang oleh Rencana Proses Pembelajaran (RPP) yang selalu dipersiapkan dan ditata setiap pertemuan. Proses yang sudah dirancang ini memungkinkan terjadinya ketidaksesuaian antara rencana dan pelaksanaan pembelajaran dikelas yang mengakibatkan hasil kurang optimal. Melalui observasi di kelas 1 dijumpai permasalahan-permasalahn diantaranya: a. sulitnya siswa untuk mengeluarkan pendapatnya dan mengajukan pertanyaan, b. pembelajaran yang monoton membuat siswa malas dan bosan, c. siswa yang pasif dalam pembelajaran, d. kemampuan siswa yang kurang berkembang dalam pemecahan masala, hal ini menggambarkan bahwa hasil belajar siswa relatif rendah sehingga perlu dilakukan perbaikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar matematika pada materi Perbandingan siswa kelas 1 SMP Ar-Rohmah Putri Dau. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran model Group Investigation (GI) berorientasi kontekstual untuk mmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini memiliki hasil berjenis data deskriptif yang menjelaskan tentang aktivitas belajara siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siwa. Sehingga, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Group Investigation berorientasi kontekstual pada materi perbandingan terlaksana dengan baik sesuai dengan sintak yang direncanakan. Aktivitas belajar siswa selama 2 kali pertemuan menunjukkan peningkatan. Pada pertemuan ke II peningkatan dikategorikan sangat baik dengan rata-rata 86,94%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 07:50
Last Modified: 28 Mar 2016 07:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22782

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo