UMM Institutional Repository

ANALISA SISTEM TRANSPORTASI DARAT ANGKUTAN KOTA DI KOTA PASURUAN DENGAN PRESPEKTIF TEORI GRAF

PRANAJAYA, : AGUNG LUKMAN (2015) ANALISA SISTEM TRANSPORTASI DARAT ANGKUTAN KOTA DI KOTA PASURUAN DENGAN PRESPEKTIF TEORI GRAF. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agunglukma-39431-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agunglukma-39431-2-babi.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Matematika telah memberikan banyak kontribusi terhadap kemajuan dalam berbagai bidang. Teori graf merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang turut memberikan kontribusai dalam kemajuan tersebut. Model-model pada teori graf dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti masalah dalam jaringan komunikasi, ilmu komputer, sistem transportasi, dan lain sebagainya. Adapun pengertian dari teori graf yaitu himpunan tak kosong yang terdiri dari suatu obyek yang disebut titik bersama dengan suatu himpunan (mungkin kosong) yang memasangkan antara titik-titik yang disebut sisi, dalam sistem transportasi titik pada graf dapat merepresentasikan sebuah halte/tempat transit dan sisi pada graf merepresentasikan sebuah jalan yang menghubungkan kedua halte/tempat transit Dari hasil observasi kepada Dinas Perhubungan (Dishub) kota Pasuruan terdapat alat transportasi yang digunakan penduduk untuk berpergian dalam ruang lingkup dalam kota yaitu angkutan kota (angkot). Menurut keterangan dari pihak Dishub setempat, terdapat 1 trayek angkot yang akan dihapus yaitu trayek H dan dialihkan terhadap trayek E.1 dan K. Model perjalanan angkot di Kota Pasuruan berawal dari sebuah terminal menuju ke beberapa halte yang ada dalam rutenya secara berurutan dan kembali ke terminal semula. Pengalihan rute tersebut dapat dipecahkan dengan penerapan teori graf, cara penyelesaiannya yaitu dengan mencari Cycle Hamiltoniannya menggunakan Algoritma Bondy dan Chvatal. Cycle Hamiltonian merupakan sebuah lintasan tertutup yang melalui semua titik pada graf tepat satu kali. Pada kajian ini menggunakan graf sederhana dimana setiap sisinya dapat dilalui dua arah, dan tidak diberi bobot, sehingga penggunaan algoritma Bondy dan Chvatal tepat untuk diterapkan. Hasil pencarian Cycle hamiltonian dengan menggunakan algoritma Bondy dan Chvatal dimisalkan rute baru angkot trayek E.1 menjadi M dan trayek K menjadi trayek N, sehingga trayek H tersebut diperoleh trayek M yang sebelumnya melalui 13 halte menjadi 14 halte/tempat transit dan trayek N yang awalnya melalui 9 halte menjadi 13 halte/tempat transit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 07:40
Last Modified: 28 Mar 2016 07:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22775

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo