UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN KOMIK IMAJINASI BERCERITA TANPA TEKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 111 SDN 2 GAMBIRAN KABUPATEN BANYUWANGI

Kurniawan, Anton (2016) PENGGUNAAN KOMIK IMAJINASI BERCERITA TANPA TEKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 111 SDN 2 GAMBIRAN KABUPATEN BANYUWANGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di Indonesia diawali dari pendidikan dasar yaitu pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Salah satu mata pelajaran yang dipelajari adalah bahasa Indonesia. Mata pelajaran yang berkaitan dengan ketrampilan menulis dapat ditingkatkan melalui pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Melalui kegiatan menulis sastra, siswa dapat mengungkapkan ide, fikiran, perasaan, dan kemampuan dalam meningkatkan imajinasinya. Oleh karena itu pembelajaran bahasa Indonesia sangat penting di jenjang sekolah dasar. Maka dari itu, dalam melaksanakan pembelajaran menulis, guru perlu menciptakan pembelajaran yang inovatif agar dapat merangsang imajinasi siswa khususnya dalam pembelajaran menulis karangan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Gambiran sebanyak 17 siswa. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes kemampuan menulis karangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan media komik tanpa teks dan peningkatan ketrampilan menulis dan kemampuan bercerita karangan siswa kelas III SDN 2 Gambiran. Berdasarkan hasil penelitian dalam menggunakan imajinasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan ketrampilan menulis mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69.11% dan ketrampilan berbicara 77,07% dan melakukan perbaikan ke siklus II sebesar 69.21% untuk ketrampilan menulis dan berbicara 78,95% sehingga peneliti memberhentikan penelitian pada siklus II yang sudah dianggap cukup baik dalam penggunaan media tanpa teks.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:44
Last Modified: 28 Mar 2016 06:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22730

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo