UMM Institutional Repository

i PERAN PUBLIC RELATIONS OFFICER DALAM PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN (Studi Pada CSR Bina Lingkungan Ring 1 PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk)

WARDHANA, MUHAMMAD INDRA (2015) i PERAN PUBLIC RELATIONS OFFICER DALAM PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN (Studi Pada CSR Bina Lingkungan Ring 1 PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammaddi-39121-1-pendahul-n.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadin-41288-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Salah satu kebijakan PT. Semen Indonesia yaitu CSR untuk mewujudkan perusahaan yang bertanggung jawab sosial terhadap masyarakat sekitar perusahaan yang terkena dampak. Program ini Mengacu Surat Keputusan Menteri BUMN No. 236 Tahun 2002 tentang program Kemitraan dan Bina Lingkungan dan Sesuai peraturan Menteri Negara BUMN No. Per-05/NBY/2007/ maka pelaksanaan CSR Bina Lingkungan meliputi: Sektor bencana alam, sektor pendidikan, sektor kesehatan, sektor prasarana & sarana umum, sektor sarana ibadah, sektor pelestarian alam. Pelaksanaan CSR oleh Bagian Biro Bina Lingkungan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk ialah melibatkan Bagian Biro Humas khususnya Public Relations Officer. Adapun rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Public Relations Officer dalam Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Tujuan dalam penelitian ini adalah Mendiskripsikan Peran Public Relations Officer dalam pelaksanaan CSR Perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau-pun lisan dari Subjek yang ditunjuk. Untuk waktu penelitiannya dilaksanakan pada tanggal 17 Juni – 27 Juni2015 di Gedung Utama PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Subjek di dalam penelitian ini adalah Manager Komunikasi Internal Perusahaan, Manager Bagian Bina Lingkungan Rembang dan Supervisor Staff Bina Lingkungan Gresik. Untuk Metode Pengumpulan Data yang dilakukan di dalam penelitian ini melalui wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan dalam pelaksanaan CSR PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, Public Relations Officer tidak menggunakan penuh empat Model Peran Humas dari Dozier and Broom yakni Penasihat Ahli, Fasilitator komunikasi, Fasilitator pemecahan masalah dan Teknisi Komunikasi. Peran Public Relations Officer yang digunakan hanya sebagai Teknisi Komunikasi dan Fasilitator komunikasi, dalam hal ini Public Relations Officer sebagai jurnalis, membuat press release, sebagai dokumentasi, mengelola informasi melalui website dan jejaring sosial. Humas juga memantau pemberitaan media eksternal tentang program CSR yang telah dipublikasikan. Peran Public Relations Officer sebagai Fasilitator Komunikasi dalam Program CSR Perusahaan yaitu, menetralisir isu-isu negatif di masyarakat dan meng-counter pemberitaan negatif yang menyangkut perusahaan dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:34
Last Modified: 28 Mar 2016 06:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22726

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo