UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI PEMBERITAAN TENTANG PRO KONTRA PUBLIK PASCA PENUTUPAN LOKALISASI DOLLY DI SURABAYA (Analisis Framing pada berita Jawa Pos dan Surya Edisi 18-21 Juni 2014)

Sugiono, Ocnavita (2015) KONSTRUKSI PEMBERITAAN TENTANG PRO KONTRA PUBLIK PASCA PENUTUPAN LOKALISASI DOLLY DI SURABAYA (Analisis Framing pada berita Jawa Pos dan Surya Edisi 18-21 Juni 2014). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ocnavitasu-41291-1-pendahul-n.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ocnavitasu-41291-2-babi.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Berita mengenai pro kontra publik pasca penutupan lokalisasi Dolly ini ramai diberitakan oleh berbagai media karena latar belakang Dolly sebagai lokalisasi yang sudah lama berdiri di Indonesia danlokalisasi terbesar se-Asia Tenggara. Rencana besar pemerintah kota Surabaya ini menyedot perhatian publik dan hal inilah yang menjadikan berbagai media mengangkat berita ini sebagai headline utama. Terutama surat kabar Jawa Pos dan Surya sebagai media cetak yang berasal dari Surabaya dan surat kabar terbaik di Surabaya versi IMFYB dan IPMA. Rumusan masalah yaitu bagaimana surat kabar Jawa Pos dan Surya edisi 18-21 Juni 2014 dalam mengkonstruksikan berita penutupan lokalisasi Dolly di Surabaya. Serta tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui surat kabar Jawa Pos dan Surya dalam mengkonstruksikan berita pasca penutupan lokalisasi Dolly di Surabaya. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah Teori Hirarki Pengaruh Isi Media, teori ini menjelaskan tentang pengaruh terhadap isi media pada suatu pemberitaan, baik dari pengaruh internal maupun eksternal. Ada beberapa level padateori ini yaitu, individual level, media routines level, organizational level, outside media level, ideology level yang digunakan untuk melihat konstruksi pada media. Adapun metodologi yang dipakai yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian interpretative. Menggunakan teknik analisis teks, analisis framing model Zhongdang Pan and Gerald M Kosicki, metode analisis teks yang berada dalam katagori penelitian konstruksionis. Analisis framing model ini membedah konstruksi sebuah berita melalui empat unsur yaitu unsur sintaksis, unsur skrip, unsur tematik,dan unsur retoris. Pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dari 7 berita. 3 berita dari surat kabar Jawa Pos dan 4 berita dari surat kabar Surya dari edisi 18 sampai 21 Juni 2014 yang menjadikan berita pasca penutupan ini sebagai headline utama. Berdasarkan hasil analisis dari rumusan masalah, terlihat pemberitaan surat kabar JawaPos yang cenderung menyudutkan pihak Dolly, hal itu terlihat dari judul-judul artikelnya dan unsur sintaksis latari nformasi. Berbeda dengan Jawa Pos, di sisi surat kabar Surya dalam memilih judul di tema yang sama lebih tidakblak-blakan dalam menyebut nama Dolly dan lebih terlihat ingin menunjukkan tahap-tahap penutupan hingga pasca di tutupnya lokalisasi Dolly. Hal itu dilihat pada unsur tematiknya yang beragam dalam satu artikel dan dalam satu edisi yang mengangkat lebih dari satu artikel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:26
Last Modified: 28 Mar 2016 06:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22721

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo