UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN PENONTON REMAJA PADA KEKERASAN DALAM TAYANGAN KOMEDI "INDONESIA LAWAK KLUB" ( Studi Resepsi Remaja Di RT 03 RW 05 Kelurahan Kebonsari Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan)

BUDIANI, ROSALIA (2015) PEMAKNAAN PENONTON REMAJA PADA KEKERASAN DALAM TAYANGAN KOMEDI "INDONESIA LAWAK KLUB" ( Studi Resepsi Remaja Di RT 03 RW 05 Kelurahan Kebonsari Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rosaliabud-41292-1-pendahul-n.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rosaliabud-41292-2-babi.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan program acara televisi, seperti program hiburan semakin banyak bermunculan. Hiburan menjadi minat masyarakat karena sifatnya menghibur. Peneliti mengangkat program acara televisi Indonesia Lawak Klub karena peneliti menemukan hal yang menarik yaitu setiap harinya memberikan tema yang berbeda setiap tayangan. Salah satu episode yang peneliti teliti tentang Takkan Redup Kebahagiaan Hidup mendapatkan surat teguran dari KPI dan banyak kekerasan pada episode tersebut. Kekerasan tidak hanya pada verbal dan non verbal namun banyak kekerasan yang ada pada episode Takkan Redup Kebahagiaan Hidup seperti pembahasan yang secara keseluruhan membahas tentang seks, karakter dan perilaku yang diperankan oleh para panelisnya dan perdebatan antara panelis hingga saling menjatuhkan ketika memberikan pesan untuk penontonnya. Peneliti ini bertujuan utuk mengetahui pemaknaan penonton remaja di Kota Pasuruan dan mendeskripsikan penerimaan pada kekerasan dalam tayangan komedi Indonesia Lawak Klub. Teori yang digunakan dalam peneliti ini adalah teori hiburan. Baran J Stanley dan Davis K Dennis (2010:317). Teori tersebut digunakan untuk membantu mengungkapkan dan menjelaskan mengenai bagaimana program acara komedi dan memilih tayangan komedi di televisi hanya melakukan apa yang disukai dan sebuah media hiburan semata. Dan teori ini tidak terlalu berfokus pada apa yang kita lakukan dengan media tersebut. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa purposive sampling yang menarik empat belas subyek penelitian berkriteria yang telah ditentukan oleh peneliti, Wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dalam buku Sugiyono (2014:246) dengan metode pegumpulan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta dihubungkan dengan studi resepsi pemaknaan penonton remaja pada kekerasan dalam tayangan komedi Indonesia Lawak Klub, dan contoh tayangan episode Takkan Redup Kebahagiaan Hidup. Hasil penelitian bahwa dalam studi resepsi terdapat enam kategori audiens atau penonton yaitu kategori penonton dominan (dominant hegemonic posision), tiga kategori audiens atau penonton yaitu kategori penonton negoisasi (negotiated code/ posision) dan lima yang berada sebagai kategori oposisi (oppositional code/ posision). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemaknaan penonton remaja pada kekerasan dalam tayangan komedi Indonesia Lawak Klub episode Takkan Redup Kebahagiaan Hidup masuk dalam kategori dominan (dominant hegemonic position) menerima tayangan Indonesia Lawak Klub sebagai tayangan hiburan dengan pembahasan yang menambah wawasan dan menghibur adanya para panelis yang melawak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:23
Last Modified: 13 Feb 2018 02:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22720

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo