UMM Institutional Repository

PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MEBEL DI PASURUAN

Ridho, Akhmad Lukman Fahrur (2015) PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MEBEL DI PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-akhmadlukm-39434-2-babi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-akhmadlukm-39434-1-pendahul-n.pdf

Download (735kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modal sendiri dan modal pinjaman terhadap profitabilitas pada perusahaan mebel di Pasuruan, dengan batasan di wilayah Kelurahan Gapuk, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan. Total perusahaan mebel yang tercatat di kantor Kelurahan Gapuk berjumlah 36 perusahaan, dan setelah melalui beberapa karateristik purposive sampling yang diterapkan, maka hanya terdapat 8 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknis analisis regresi linier berganda sebagai alat ukur pengaruh masing – masing variabel. Penelitian ini difokuskan pada laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari pemilik masing – masing perusahaan. Rentang waktu yang dipakai dalam penelitian ini adalah 5 tahun yaitu mulai tahun 2009 – 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sendiri dan modal pinjaman berpengaruh terhadap rentabilitas secara simultan. Secara parsial modal sendiri (X1) berpengaruh negatif dan signifikan sedangkan modal pinjaman (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Hasil perhitungan menjelaskan bahwa tingkat penggunaan modal sendiri dan modal pinjaman berpengaruh berbeda pada profitabilitas perusahaan. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka implikasi yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah agar perusahaan harus bisa mengatur komposisi yang tepat antara modal sendiri dan modal pinjaman. Pengaturan komposisi modal sendiri dan modal pinjaman ini bertujuan agar profitabilitas yang dihasilkan perusahaan lebih maksimal karena masing – masing modal memiliki kekurangan dan kelebihan bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:38
Last Modified: 28 Mar 2016 04:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22689

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo