UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI DAN ANALISA PERFORMANSI LAYANAN MULTIMEDIA PADA JARINGAN MPLS DAN VPLS BERBASIS IP MULTIMEDIA SUBSYSTEM

Sugianto, Dwi (2016) IMPLEMENTASI DAN ANALISA PERFORMANSI LAYANAN MULTIMEDIA PADA JARINGAN MPLS DAN VPLS BERBASIS IP MULTIMEDIA SUBSYSTEM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwisugiant-42297-1-pendahul-n.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwisugiant-42297-2-bab1.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi yang begitu pesat dan telah mengarah pada Network Generation Network (NGN), memunculkan suatu teknologi yang merupakan salah satu teknologi yang menjadi standar NGN yaitu IMS (IP Multimedia Subsystem). IMS merupakan suatu platform untuk layanan multimedia melalui IP/SIP protokol yang memungkinkan operator untuk menggunakan satu platform untuk beberapa layanan multimedia. Pada tugas akhir ini akan berfokus membangun suatu jaringan yang bertujuan untuk mempercepat proses transmisi data dan menganalisa kualitas QoS (Quality of Service) pada layanan multimedia berbasis IMS. Teknologi jaringan yang akan digunakan adalah MPLS dan VPLS, MPLS (Multi-Protocol Label Switching) sebagai solusi pengiriman paket data yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan IP biasa, karena pada jaringan MPLS tiap paket diberi label yang kemudian digunakan sebagai informasi untuk proses switching, Sedangkan VPLS merupakan teknologi yang menawarkan pengiriman paket data dengan melewatkan paket yang melihat MAC address dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan kecepatan data yang bisa lebih cepat. Hasil dari pengujian dari tugas akhir ini adalah secara umum MPLS dan VPLS adalah teknologi yang dapat menyelesaikan masalah yang sama tentang kecepatan tranfer data. Tetapi pada penerapannya kedua teknologi ini memiliki solusi yang berbeda. Perbedaannya yaitu dalam teknologi VPLS yang mengenkapsulasi data melalui jaringan backbone MPLS. Pada hasil pengujian berdasarkan parameter QoS, secara umum jaringan VPLS lebih baik performansinya dari jaringan MPLS meskipun tidak signifikan. Dikarenakan pada jaringan VPLS, router Provider tidak perlu mempertahankan tabel routing untuk pelanggan (VRF). Dan VPLS merupakan suatu tunnel yang besar di dalam jaringan MPLS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 28 Mar 2016 03:59
Last Modified: 28 Mar 2016 03:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22661

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo