UMM Institutional Repository

Strategi Promosi Online Shop pada Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan

Yusuf, Aris Khoironi (2015) Strategi Promosi Online Shop pada Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariskhoiro-41410-1-pendahul-n.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariskhoiro-41410-2-bab-i.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat di seluruh dunia membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan kegiatan bisnis melalui media elektronik yang sudah dikenal publik dengan nama bisnis online. Bisnis online mulai merambah pada sosial media seperti Instagram yang dulunya hanya sebagai alat untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna akun, tetapi sekarang sudah menjadi tempat bagi pelaku bisnis online shop untuk menawarkan produknya. Seperti yang dilakukan 6 online shop yaitu Warzuqnishop, Deadly_gorgeous, Warzuqnishop, Sonya Shop, Workalia, @jualmozaikfotomurah dan Raekingdom yang aktif melakukan promosi di Instagram dan masing-masing memiliki strategi promosi dalam proses memperkenalkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi apa saja yang digunakan 6 online shop tersebut dan bagaimana strategi promosi online shop pada sosial media Instagram untuk meningkatkan penjualan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan dasar teori Push Strategy (strategi tarik), Pull Strategy (strategi tarik) Pass Strategy (strategi mempengaruhi) untuk menganalisis strategi promosi 6 online shop pada sosial media Instagram dalam meningkatkan penjualan yang dibagi menjadi 3 kelas berdasarkan followers (A = 100.000-tak terhingga, B = 30.000-50.000 dan C = 1.000-5.000). Diharapkan dapat mengetahui tentang bagaimana strategi masing-masing online shop untuk mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang dijualnya. Hasil penelitian ini menujukan bahwa, strategi yang dipakai oleh 6 online shop yaitu Deadly_gorgeous, Warzuqnishop, Sonya Shop, Workalia, @jualmozaikfotomurah dan Raekingdom adalah Pull Strategy (strategi tarik) dengan perbandingan jumlah anggaran yang dikeluarakan, jumlah waktu kegiatan promosi, lebih besar dari strategi dorong dan strategi mempengaruhi. Pull Strategy (strategi tarik) adalah strategi yang mendorong produsen untuk secara aktif dan agresif mempromosikan produknya langsung kepada konsumen akhir untuk meminta produk itu kepada perantara dan dengan demikian mendorong perantara memesan produk itu dari produsen. Perantara tersebut bisa dikatakan reseller dalam jual beli online. Bentuk promosinya adalah periklanan dan consumer promotion. Cara yang dipakai dalam kegiatan promosi periklanan adalah kelas A = SFS (shout out for shout out) gratis, SFS berbayar (paid kroyok), Paid promo dan Endorse. Kelas B = SFS (shout out for shout out) gratis dan Endorse. Kelas C = SFS (shout out for shout out) gratis, SFS berbayar (paid kroyok), Paid promo. Dan cara yang dipakai dalam kegiatan promosi consumer promotion kelas A = Give Away (kontes), sedangkan kelas B dan C tidak menggunakan consumer promotion. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi wacana serta referensi untuk masyarakat yang ingin mengembangkan atau ingin memulai bisnis online shop agar mempunyai referensi pilihan strategi promosi yang cocok untuk online shopnya agar dapat bersaing dengan kompetitor dalam negeri maupun luar negeri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:00
Last Modified: 28 Mar 2016 04:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22660

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo