UMM Institutional Repository

ANALISISPROMOSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studipada Home Industri Batik “UD. Batik Shofa” PamekasanMadura)

Kurniawan, Wahyu (2015) ANALISISPROMOSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studipada Home Industri Batik “UD. Batik Shofa” PamekasanMadura). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyukurni-41746-2-babi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyukurni-41746-1-pendahul-n.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi promosi yang dilakukan UD. Batik Shofa untuk meningkatkan volume penjualan batik Madurasekaliguskendala yang dihadapi UD. Batik Shofa dalam upaya meningkatkan volume penjualan batik Madura. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatifdenganpendekatandeskriptifyaituuntuk mendapatkan gambaran yang benar tentang obyek yang tujuannya untuk membuat deskriptif gambar, uraian aktual dan akurat mengenai fakta-fakta sifat serta hubungan antara fenomena masalah dan variabel yang diteliti. Dari hasilpenelitian yang dilakukandiperolehbahwapelaksanaan promosi dalam upaya meningkatkan volume penjualan di Home Industri UD. Batik Shofa adalah dengan mengadakan pameran dan publik relation di berbagai daerah di seluruh pulau jawa yang ditentukan oleh pemerintah daerah dan menambah relasi di saat selama pameran. Karena selama ini setiap kegiatan pameran biaya-biaya yang dibutuhkan di tanggung oleh Pemerintah Daerah setempat. Keuntungan Home Industri ini tiap bulan sekitar 5 jutaan, bahkan bisa lebih di saat mengikuti pameran. Selain itu pengiriman barang sesuai dengan pesanan dan tempat yang dituju dengan gratis kecuali jarak tempuh jauh adalah sarana promosi yang digunakanUD. Batik Shofa. Anggaran Home Industri UD. Batik Shofa meliputi biaya transportasi, mulai biaya transportasi pulang pergi ke tempat diadakan pameran, biaya transportasi selama kegiatan pameran,biaya penginapan dan konsumsi selama pameran, biaya penjaga stand bahkan biaya dekorasi. Perekrutan karyawan berasal dari lingkungan keluarga sendiri yang memiliki loyalitas tinggi dalam menciptakan hasil produksi yang akan di promosikan tersebut dapat di pertanggungjawabkan pada konsumen. Dari perencanaan pelaksanaan anggaran promosi oleh UD. Batik Shofa mulai dari tahun 2013 sampai 2015 selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun karena kebutuhan promosi semakin bertambah. Ketersediaan anggaran tersebut merupakan penunjang bagi usaha, karena produk batik semakin dituntut untuk memiliki daya saing tinggi, yang mampu memberikan nilai tambah (value added) yang lebih tinggi kepada konsumen. Kendala yang dihadapi UD. Batik Shofa dalam upaya meningkatkan volume penjualan batik Madura adalah persaingan yang semakin kompetitif dan berusaha merebut konsumen dari UD. Batik Shofa di karenakan UD. Batik Shofa mempunyai pelanggan sendiri sehingga pesaing melakukan berbagai cara untuk mendapatkan pelanggan. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa strategi promosi dalam upaya meningkatkan volume penjualan di Home Industri UD. Batik Shofa lebih mengutamakan aktivitas pameran dan publik relation. Anggaran Home Industri UD. Batik Shofa meliputi biaya transportasi, tempat diadakan pameran, selama kegiatan pameran, penginapan dan konsumsi, sertabiaya penjaga stand.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 28 Mar 2016 03:52
Last Modified: 28 Mar 2016 03:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22654

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo