UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN IBU RUMAH TANGGA PADA IKLAN SITUS JUAL BELI (Studi Resepsi pada Ibu Rumah Tangga Perumahan Graha Pelita Asri Kota Malang tentang Iklan OLX Indonesia Versi The Kid)

Yahya, Muhammad Baqir (2015) PEMAKNAAN IBU RUMAH TANGGA PADA IKLAN SITUS JUAL BELI (Studi Resepsi pada Ibu Rumah Tangga Perumahan Graha Pelita Asri Kota Malang tentang Iklan OLX Indonesia Versi The Kid). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadba-41413-1-pendahul-n.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadba-41413-2-babi.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja. Target pasar dari OLX Indonesia adalah orang dewasa, tetapi bintang dalam iklan mereka adalah anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan ibu rumah tangga di Perumahan Graha Pelita Asri Kota Malang pada iklan OLX Indonesia versi The Kid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe interpretatif dengan menggunakan metode studi resepsi (Reception Studies). Subjek dalam penelitian ini adalah Ibu Rumah Tangga Perumahan Graha Pelita Asri Kota Malang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga memperoleh 5 subjek penelitian berlatar belakang berbeda dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Peneliti menggunakan wawancara mendalam (in-dept interview) dan dokumentasi dalam teknik pengumpulan data. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman. Peneliti menguji keabsahan datanya dengan memilih triangulasi sumber. Teori yang dipakai adalah teori encoding/ decoding yang dikemukakan oleh Stuart Hall dan teori uses and gratifications Hasil dari penelitian diperoleh bahwa pemaknaan subjek penelitian pada iklan situs jual beli OLX Indonesia versi The Kid berbeda-beda. Pada kategori penonton dominan (dominant hegemonic position), memaknai media televisi sebagai media periklanan situs jual beli yang efektif untuk menginformasikan fasilitas dari situs tersebut dan endorser/ bintang iklan dan cara penyampaian pesan menjadi daya tarik iklan tersebut. Pada kategori penonton yang menegosiasi (negotiated code/ position), memaknai penggunaan anak sebagai endorser/ bintang iklan sudah tepat, namun tingkah laku dan pakaian yang dikenakan anak pada salah satu adegan dalam iklan tersebut tidak sepantasnya dilakukan dan dikenakan oleh anak yang masih berusia dini. Sedangkan pada kategori oposisi (oppositional code/ position), memaknai penggunaan endorser/ bintang iklan anak tidak effektif dan tidak sesuai dengan tema atau target audience dan market iklan OLX Indonesia versi The Kid. Secara keseluruhan peneliti menyimpulkan bahwa sebagian besar subjek penelitian menilai penggunakan model/ endorser anak usia dini pada iklan OLX Indonesia versi The Kid sebagai bentuk entertainment. Mimik wajah serta cara penyampaian anak-anak pada iklan tersebut menjadi sebuah hiburan relaksasi bagi mereka, sehingga mereka menilai hal tersebut bukanlah sesuatu yang negatif. Tidak masalah bila menggunakan anak-anak sebagai bintang iklan, tetapi dilihat dari sisi etika memang kurang pantas, apalagi iklan tersebut memiliki target market orang dewasa. Kurangnya pemahaman tentang media literacy (melek media) membuat mereka menjadi tidak kritis terhadap apa yang ditampilkan media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 03:48
Last Modified: 28 Mar 2016 03:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22651

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo