UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI FEMINISME DALAM SITUASI KOMEDI (AnalisisSemiotikapadaAdegandalamSituasiKomedi TetanggaMasaGitu? Season 2 episode 129 dan 138 di NET TV)

ADISTY, SASI ARINTA (2015) KONSTRUKSI FEMINISME DALAM SITUASI KOMEDI (AnalisisSemiotikapadaAdegandalamSituasiKomedi TetanggaMasaGitu? Season 2 episode 129 dan 138 di NET TV). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sasiarinta-41414-1-pendahul-n.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sasiarinta-41414-2-babi.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adegan kedua perempuan dalam sitkom Tetangga Masa Gitu? Season 2 sebagai pihak yang dominan dalam mengatur rumah tangganya. Sebagai pihak yang berkuasa, perempuan ini juga tegas dan sangat ditakuti oleh laki-laki. Sebagai ibu rumah tangga, perempuan ini juga mempunyai pekerjaan yang menghasilkan penghasilan lebih besar dari pada laki-laki. Perempuan dalam sitkom ini juga sangat cerdas dalam mengatur segala kebutuhan rumah tangganya. Peneliti melihat adanya ketimpangan antara perempuan dan laki-laki dalam menjalankan fungsinya dalam berumah tangga. Kedua perempuan ini menunjukkan sebuah feminisme yakni sebuah gerakan dalam menyatarakan derajatnya dengan laki-laki. Peneliti mengarahkan adegan kedua perempuan ini sebagai feminisme liberal, karena di dalam feminisme liberal perempuan menekankan adanya persamaan hak dan kesempatan dengan laki-laki sehingga tidak ada batasan yang membatasi perempuan itu sendiri. Namun adegan dalam sitkom ini, perempuan terbatasi dengan adanya budaya mengenai perempuan di Indonesia dalam berkeluarga. Penelitian ini menggunakan Teori Semiotika Roland Barthes untuk membongkar makna dalam adegan yang diperankan, serta mengkaji keterkaitan mitos pada penelitian ini. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah kualitatif interpretatif untuk menggali maksud atau makna dan latar belakang dari tanda sebagai bahan kajiannya, serta bagaimana peneliti menafsirkan dan memahami feminisme yang dikontruksikan dalam adegan secara menyeluruh. Sumber data yang diperoleh dari beberapa adegan pada penggalan scene yang terkait dengan masalah penelitian. Teknik analisis yang digunakan peneliti adalah dengan membuat tabel kerja analisis dan menggunakan tabel sesuai kerangka dari Roland Barthes. Hasil dari analisa data ini diketahui melalui kedua adegan perempuan dalam sitkom ini adalah (1) Perempuan dikonstruksikan sebagai seorang yang memiliki kekuasaan terhadap laki-laki, (2) Perempuan ini tegas dan ditakuti oleh laki-laki, (3) Perjuangan perempuan dalam keseteraan dengan laki-laki, (4) Perempuan sebagai kunci kehidupan rumah tangga, (5) Perempuan sebagai simbol kebebasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adegan yang dikonstruksikan ini merupakan pembebasan ketidakadilan perempuan dari batasan-batasan yang ada. Namun kebebasan perempuan juga ada batasnya. Sebebas-bebasnya perempuan Indonesia, perempuan ini tetap menghargai budaya sebagai warisan masa lalu yang sampai sekarang masih ada dalam berkeluarga. Sehingga meskipun kebebasan ini telah dicapai, perempuan ini juga masih tetap menghargai laki-laki di dalam rumah tangganya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 03:44
Last Modified: 28 Mar 2016 03:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22648

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo