UMM Institutional Repository

PENDAPAT MASYARAKAT TENTANG KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PERANGKAT DESA (Studi pada Masyarakat Desa Sumberrejo Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang)

GUNAWAN, DIMAS (2015) PENDAPAT MASYARAKAT TENTANG KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PERANGKAT DESA (Studi pada Masyarakat Desa Sumberrejo Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dimasgunaw-41437-1-pendahul-x.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dimasgunaw-41437-2-babi.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan dan organisasi merupakan dua konsep yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya, ibarat mata uang yang memiliki dua sisi.Artinya, kepemimpinan tanpa organisasi maka aktualisasi tidak bisa terekpresikan secara maksimal.Jadi yang penting bagi pemimpin adalah kemampuan bersosialisasi.Kemampuan bersosialisasi adalah kecenderungan pemimpin untuk mencari hubungan sosial yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap bentuk komunikasi kepemimpinan perangkat Desa Sumberrejo Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat, serta tata cara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi-situasi tertentu, termasuk tentang hubungan-hubungan, kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu fenomena. Penelitian ini menggunakan model analis data dari miles dan Huberman (1992) yaitu model analisis interaktif. Dalam metode ini terdapat 3 komponen analisis, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dan setelah melakukan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pendapat masyarakat tentang komunikasi kepemimpinan Perangkat Desa Sumberrejo Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang yaitu 1) Gaya kepemimpinan yang diterapkan Kepala Desa Sumberrejo selama ini mengunakan gaya kepemimpinan otoriter, dimana dalam proses komunikasi memberikan tugas secara langsung kepada aparat dalam upaya untuk menciptakan disiplin para aparat desa. 2) Perangkat desa kurang peduli terhadap masyarakat karena jarang dilakukan sosialisasi dan komunikasi kepada masyarakat sehingga kepekaaan dari aparat desa belum dirasakan oleh masyarakat 3) Aparat desa menggunakan media komunikasi untuk memberikan masukan atau kritikan atas kinerja yang telah dicapai oleh aparat desa. Kenyataan ini menunjukkan media komunikasi yang digunakan dapat mendukung proses komunikasi antara perangkat desa dengan masyarakat dan 4) Aparat desa belum sepenuhnya mampu mengkomunikasikan program desa yang ditetapkan sehingga belum mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan benar sesuai dengan harapan atau tujuan pengembangan desa. Teori peran (role theory) yang merupakan perpaduan dari berbagai teori, orientasi maupun disiplin ilmu dan istilah-istilah yang menyangkut : 1) Orang-orang yang mengambil bagian dalam interaksi sosial. 2) Perilaku yang muncul dalam interaksi tersebut 3) Kedudukan orang-orang dalam perilaku dan 4) Kaitan diantara orang dan perilaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:51
Last Modified: 28 Mar 2016 02:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22607

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo