UMM Institutional Repository

MAKNA FOTO JURNALISTIK TENTANG PERUBAHAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (Analisis Semiotika Pada Foto-Foto Kenaikan dan Penurunan Harga BBM di Media Online)

Wijaya, Gusti Renny Nanda (2015) MAKNA FOTO JURNALISTIK TENTANG PERUBAHAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (Analisis Semiotika Pada Foto-Foto Kenaikan dan Penurunan Harga BBM di Media Online). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gustirenny-41438-1-pendahul-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gustirenny-41438-2-babi.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Fenomena naik-turunnya harga BBM dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan menjadi konsumsi yang menarik bagi para jurnalistik melalui pemberitaannya di media massa, termasuk di media online. Setiap foto jurnalistik tentu mengandung makna, dan ilmu yang mempelajari makna melalui tanda adalah semiotika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna foto jurnalistik pada foto-foto kenaikan harga BBM dan penurunannya di media online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interpretatif. Foto jurnalistik yang dianalisis bersumber dari metrotvnews.com dan merdeka.com. Tema yang dianalisis adalah kenaikan harga bahan bakar minyak tanggal 18 Nopember 2014 dan penurunannya pada tanggal 19 Januari 2015. Metode analisis data menggunakan analisis semiotik model Roland Barthes yang membagi semiotika menjadi dua tingkatan pertandaan, yaitu denotasi dan konotasi. Hasil penelitian pada foto-foto jurnalistik tentang kenaikan harga BBM di media online menunjukkan makna denotasi di antaranya polisi bersenjata mengintai di balik pagar, demonstran bertopeng presiden merobek peta Indonesia, teatrikal tentang penderitaan rakyat kecil, dan saling dorong pagar. Adapun makna pada foto-foto jurnalistik tentang penurunan harga BBM di media online menunjukkan makna denotasi di antaranya karyawan SPBU mengganti harga BBM, Dishub dan Organda menempelkan tarif baru di pintu angkot, Dishub menempelkan tarif baru di dinding dalam angkot, dan nelayan mengisi jerigen dengan solar. Sedangkan makna konotasi pada foto-foto jurnalistik tentang kenaikan harga BBM di media online di antaranya aparat hukum bersiap melancarkan serangan dengan kekerasan, presiden telah menghancurkan nasib bangsa, kenaikan BBM membuat rakyat kecil menderita, dan bentrokan dua kepentingan. Adapun pada foto-foto jurnalistik tentang penurunan harga BBM di media online menunjukkan makna konotasi di antaranya Pertamina mendukung penurunan harga BBM, kekompakan pemerintah dan pengusaha mensosialisasikan penurunan harga BBM, Penurunan harga sangat penting untuk segera diketahui masyarakat, dan rakyat kecil tertolong. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa foto jurnalistik tentang kenaikan harga BBM di media online memiliki makna denotasi yakni didominasi oleh peristiwa demonstrasi yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa dan buruh yang menolak kenaikan harga BBM. Adapun makna konotasi yang terkandung adalah drama ketegangan pasca kenaikan harga BBM antara demonstran (mahasiswa, buruh) dan aparat keamanan pemerintah (polisi, Satpol PP) yang memiliki perbedaan kepentingan dalam aksinya.Aksi teatrikal demonstran cenderung mengumpamakan pemerintah sebagai pihak telah berlaku sewenag-wenang sehingga menyengsarakan kehidupan rakyat kecil. Foto jurnalistik tentang penurunan harga BBM di media online memiliki makna denotasi yakni adanya perubahan harga BBM di SPBU seluruh Indonesia dan sosialisasi tarif baru angkot yang disesuaikan dengan turunnya harga BBM. Penurunan harga BBM dimaksudkan pemerintah untuk membantu kepentingan rakyat kecil, seperti penumpang angkot dan nelayan. Adapun makna konotasi terkandung adalah keseriusan pemerintah untuk segera menerapkan tarif baru dengan langsung turun ke lapangan yang seolah menunjukkan upaya pemerintah yang mendahulukan kepentingan masyarakat kecil. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menganalisis dengan media lainnya misalnya video pidato Presiden tentang kenaikan dan penurunan harga BBM. Media online disarankan untuk tidak menampilkan foto yang sama, agar pembaca tertarik dan tidak bosan membaca berita karena fotonya berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:47
Last Modified: 28 Mar 2016 02:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22604

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo