UMM Institutional Repository

i PUBLISITAS PROGRAM GREEN AND CLEAN CAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG MELALUI MEDIA RELATIONS. (STUDI PADA HUMAS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG)

MADJID, UCHA PRASYA (2015) i PUBLISITAS PROGRAM GREEN AND CLEAN CAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG MELALUI MEDIA RELATIONS. (STUDI PADA HUMAS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-uchaprasya-41488-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-uchaprasya-41488-2-babi.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi swasta Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan publisitas melalui aktivitas media relations yang dilaksanakan oleh Humas. Hal ini bertujuan untuk mencapai publisitas yang dapat digunakan sebagai sarana promosi yang bersifat informatif dengan harapan mampu meningkatkan citra kampus Universitas Muhammadiyah Malang dalam kepedulian lingkungan. Publistas tersebut merupakan sebuah hal yang penting dan juga dianggap lebih efektif daripada kegiatan komunikasi lain sepeti iklan dan sales promotions, karena publisitas dianggap memiliki kredibilitas yang tinggi karena berasal dari luar instansi. Dalam Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas Media Relations yang dilakukan Public Relations Universitas Muhammadiyah Malang sebagai upaya pencapaian Publisitas sebagai pendukung program Green and Clean Campus Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam konsep Public Relations terdapat salah satu kegiatan eksternal dalam menjalankan aktivitas media relations units. Publisitas merupakan kegiatan yang dilakukan oleh PR dengan tujuan untuk mendapatkan citra yang favaoureble. Publisitas tersebut dicapai dengan melaksanakan peran PR seabagai media relations, yang bersifat informatif dan obyektif sebagai bentuk pendukung program Green and Clean Campus UMM . Arus komunikasi oleh Irianta dalam bukunya Media Relations¸Konsep Pendekatan dan Praktik, arus komunikasi dalam kegiatan Media Relations dimana Organisasi menyampaikan informasi, gagasan, ataupun citra melalui media massa. Sedangkan public dapat menyampaikan aspirasi, harapaan ataupun keinginan melalui media massa pada organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data indepht interview mengenai aktivitas media relations untuk mencapai publisitas program Green and Clean Campus yang dapat mendukung promosi Universitas Muhammadiyah Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara wawancara mendalam serta melakukan studi pustaka seperti data yang didapatkan dari sumber literatur kepustakaan berupa buku-buku, surat kabar, artikel internet, foto dokumen, dan website Universitas Muhammadiyah Malang. Kesimpulan penelitian ini memperlihatkan bahwa Universitas Muhammadiyah Malang menyadari bahwa media merupakan hal yang sangat penting untuk dapat menyebarluaskan informasi mengenai kegiatan – kegiatan kampus yang bersifat positif. Hubungan dengan media dapat diupayakan dengan mempublikasikan kegiatan tersebut melalui aktivitas media relations yang tentunya dilakukan oleh Humas secara baik. Walaupun dalam prakteknya terdapat hambatan yang menyerupai keterbatasan pengolahan isu baru yang dalam hal ini terkait program Green and Clean Campus UMM dikarenakan tertundanya pelaksanaan kegiatan program tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:37
Last Modified: 28 Mar 2016 02:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22599

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo