UMM Institutional Repository

KECENDERUNGAN PESAN POLITIK TWITTER WALIKOTA BANDUNG TERKAIT PERSONAL BRANDING (Analisis isi pada akun twitter @ridwankamil periode 1 - 31 Maret 2015)

Pardiana, Efrina Heny Sustya (2015) KECENDERUNGAN PESAN POLITIK TWITTER WALIKOTA BANDUNG TERKAIT PERSONAL BRANDING (Analisis isi pada akun twitter @ridwankamil periode 1 - 31 Maret 2015). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-efrinaheny-41519-1-pendahul-d.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-efrinaheny-41519-2-bab1.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Perkembangan media barumemberikan banyak manfaat bagi siapapun yang dapat menggunakannya dengan bijak, seperti Ridwan Kamil yang memanfaatkan Twitter sebagai media utama dalam berbagi informasi mengenai seluruh kebijakan politik yang dibuatnya kepada warga Kota Bandung. Bahasa yang digunakan Ridwan Kamil dalam menyampaikan pesan politik begitu ringan, terkesan santai namun penuh dengan makna, hal ini membuat pesan politiknya mudah untuk dipahami oleh semua kalangan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kecenderungan pesan politik dalam setiap tweet @ridwankamil yang terkait dengan personal branding. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi sebagai dasar penelitian, melalui pendekatan kualitatif. Peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan pesan politik dalamtweet @ridwankamil yang terkait dengan personal branding secara mendalam dengan membaca setiap makna yang tersimpan padatweet. Ruang lingkup penelitian ini adalah tweet yang berbentuk teks dari akun Twitter @ridwankamil periode 1 Maret - 31 Maret 2015. Unit analisis pada penelitian di fokuskan pada tweet dan mention dari akun Twitter @ridwan kamil, peneliti memfokuskan penelitian pada tweet yang berbentuk teks saja.Tweet akan dikaitkan dengan personal brandingsesuai dengan struktur kategori. Dari hasil penelitian dan setelah dilakukan analisis terhadap 23 tweet, dapat diketahui bahwa kecenderungan pesan pada akun twitter ridwan kamil menggambarkan bahwa Ridwan Kamil ingin menunjukkan dirinya sesuai dengan apa yang dia harapkan, seperti menyampaikan keinginan, nilai, ideologi, pemikiran, dan opini kepada masyarakat dibawah kepemimpinannya. Dari penelitian ini pula didapati bahwa Ridwan Kamil menampilkan diri sebagai Walikota yang terbuka dalam menyampaikan segala pesannya secara langsung dan tidak bertele-tele. Ridwan Kamil adalah Walikota yang tidak banyak bicara namun banyak bertindak. Ridwan Kamil langsung melakukan sesuatu yang dianggapnya sebagai solusi terbaik untuk seluruh masalah yang dihadapinya atau dihadapi warga Bandung. Ridwan Kamil menggunakan gaya kepemimpinan yang terbuka dan menjadikan warga Bandung sebagai unsur terpenting dalam menjalankan roda pemerintahan. Dengan membuka pintu selebar lebarnya melalui akun @ridwankamil untuk mendengarkan segala keluh kesah warga Bandung terkait dengan keadaan Kota Bandung membuat tugas Ridwan Kamil sebagai Walikota menjadi mudah dalam memperbaiki dan beraksi untuk menjadikan Kota Bandung sebagai Kota yang nyaman untuk ditinggali.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:29
Last Modified: 05 Apr 2018 06:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22594

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo