UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI METODE HARRIS BENNEDICT DALAM MENENTUKAN JUMLAH KALORI UNTUK DIET SEHAT BERBASIS ANDROID

Kurniawan, Andrie Bagoes (2015) IMPLEMENTASI METODE HARRIS BENNEDICT DALAM MENENTUKAN JUMLAH KALORI UNTUK DIET SEHAT BERBASIS ANDROID. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andriebago-38831-1-pendahul-n.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andriebago-38831-2-bab1.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Kalori adalah sebuah satuan untuk menghitung jumlah energi, dimana kalori merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda satu sama lain, tergantung pada faktor usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan aktifitas tubuhnya. Dibidang kesehatan, telah terdapat cara untuk menghitung kebutuhan kalori dalam kcal/hari baik pada orang sehat maupun orang sakit. Untuk memperkirakan pengeluaran total kalori, hasil perhitungan ini masih harus dikalikan dengan faktor aktifitas. Dengan adanya cara untuk mengetahui kebutuhan kalori seseorang perhari maka dibuatlah aplikasi yang akan menghitung kebutuhan kalori perhari dengan menggunakan persamaan Harris Benedict untuk diet sehat dimana aplikasi ini akan berjalan di sistem operasi android. sistem ini menggunakan persamaan Harris Benedict untuk menghitung kebutuhan kalori perhari, dimana total kalori perhari dapat dijadikan sebagai acuan untuk diet. pengklasifikasian aktifitas untuk perhitungan total jumlah kalori, nilai yang diambil didapat dari nilai accelerometer dimana nilai tersebut akan otomatis mengupdate ke sistem. Berdasarkan pengujian black box maka dapat disimpulkan sistem berjalan dengan baik karena semua fungsi dari sistem dapat berjalan, sedangkan pengujian implementasi algoritmanya terdapat selisih pembulatan dua digit dibelakang koma yaitu sebesar 0,03 antara perhitungan manual dengan perhitungan yang ada pada sistem aplikasi. Berdasarkan pengujian nilai accelerometer didapatkan kesimpulan bahwa sensor accelerometer tidak dapat digunakan untuk mengklasifikasikan aktifitas manusia, karena di hasil pengujian nilai pergerakan accelerometer tidak signifikan terhadap aktifitas manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:00
Last Modified: 28 Mar 2016 02:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22568

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo