UMM Institutional Repository

PEMILIHAN ALTERNATIF PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI PADA HOME INDUSTRY GAJAH DELTA SIDOARJO

Hakim, Achmad Lukman (2015) PEMILIHAN ALTERNATIF PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI PADA HOME INDUSTRY GAJAH DELTA SIDOARJO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-achmadlukm-40618-2-babi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-achmadlukm-40618-1-pendahul-n.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Perencanaan kapasitas berhubungan dengan kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan produk dalam pemenuhannya terhadap demand yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Di dalam perencanaan kapasitas, terdapat beberapa pertimbangan dalam memenuhi demand pelanggan yaitu pengukuran standart waktu kerja yang dihitung melalui performance rating dan allowance time setiap pekerja. Perhitungan kapasitas waktu yang efektif dimulai dengan menentukan waktu siklus, waktu normal dan waktu standar. Waktu standart merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan oleh seorang pekerja yang memiliki tingkat kemampuan rata-rata. Setelah itu dihitung kebutuhan rata-rata perusahaan dalam waktu satu kali produksi. Dengan begitu kebutuhan perusahaan untuk memenuhi konsumen tidak sampai kurang dan perusahaan tidak mendapatkan keuntungan yang maksimal. Hasil perhitungan dengan menggunakan alat analisis pohon keputusan diperoleh informasi bahwa dengan menggunakan tiga alternatif yaitu outsourching, beli mesin dan do nothing perusahaan sama-sama mendapatkan keuntungan dari pada melakukan alternatif ketiga. Namun dari payoff atau keuntungan yang dihasilkan dari kedua alternatif antara outsourching dan do nothing lebih besar mengambil alternatif outsourching. Dengan begitu perusahaan sebaiknya mengambil alternatif outsourching, karena kesempatan perusahaan untuk mendapatkan laba yang besar lebih terbuka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 28 Mar 2016 01:59
Last Modified: 28 Mar 2016 01:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22567

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo