UMM Institutional Repository

RANCANG BANGUN APLIKASIPENENTUAN KARYAWAN UNTUK PENEMPATAN JABATAN MENGGUNAKAN METODETECHNIQUE FOR OTHERS REFERENCE BY SIMILARITY TOIDEAL SOLUTION (TOPSIS)

LESTARI, ANITA TRIYA AYU (2015) RANCANG BANGUN APLIKASIPENENTUAN KARYAWAN UNTUK PENEMPATAN JABATAN MENGGUNAKAN METODETECHNIQUE FOR OTHERS REFERENCE BY SIMILARITY TOIDEAL SOLUTION (TOPSIS). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anitatriya-38832-1-pendahul-n.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anitatriya-38832-2-babi.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu aspek pendukung yang sangat penting dalam kemajuan perusahaan. Namun demikian terdapat beberapa kendala dalam pengelolaan SDM, salah satunya adalah apabila perusahaan memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak maka proses penilaian kinerja karyawan dan pergantian jabatan dalam perusahaan menjadi sulit dan akan menghabiskan banyak waktu. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan melakukan suatu pengukuran terhadap maksimal atau tidaknya kinerja seorang karyawan terhadap perusahaan melalui suatu penilaian kinerja karyawan. Untuk memenuhi system penilaian tersebut dibutuhkan suatu metode pendukung keputusan yang memiliki kemampuan multikriteria seperti MADM (Multiple Attribute Decission Making). Metode MADM ( Multiple Attribute Decision Making) adalah suatu metode yang digunakan untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu. Salah satu metode dari MADM untuk penilaian karyawan adalah algoritma TOPSIS. TOPSIS merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria yang pertama kali diperkenalkan oleh Yoon dan Hwang. Prinsip metode TOPSIS adalah sederhana, dimana alternatif yang dipilih selain memiliki kedekatan dengan solusi ideal positif juga memiliki kedekatan dari solusi ideal negatif. Sistem pendukung keputusan dengan metode TOPSIS ini dibuat untuk mendapatkan rekomendasi karyawan dalam penempatan jabatan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan. Hasil dari proses ini berupa ranking karyawan. Ranking ini merupakan dasar rekomendasi bagi pengambil keputusan untuk memilih karyawan yang cocok untuk menempati jabatan yang kosong tersebut. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa 80% sistem kinerja sistem sudah baik dan sesuai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 28 Mar 2016 01:58
Last Modified: 28 Mar 2016 01:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22566

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo