UMM Institutional Repository

MOTIF - MOTIF PENGGUNAAN PATH SEBAGAI MEDIA CYBERBULLY (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013 )

Rinaldi, Faisal (2015) MOTIF - MOTIF PENGGUNAAN PATH SEBAGAI MEDIA CYBERBULLY (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013 ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faisalrina-41676-1-pendahul-x.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faisalrina-41676-2-babi.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Cyberbully merupakan aksi di mana pelaku bertindak di luar batas kepada orang lain dengan cara mengirim atau memposting materi yang dapat merusak kredibilitas, menghina atau melakukan serangan sosial dalam berbagai bentuk. Serangan dilakukan dengan memanfaatkan internet atau teknologi digital, bisa berupa SMS, e-mail, Facebook, Twitter, Path, Instagram, chatroom dan sebagainya. Melihat hal ini, peneliti menentukan pengguna sosial media yang dipilih merupakan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Malang yang dianggap sebagai pengguna yang aktif mengkonsumsi sosial media. Pada penelitian ini Teori uses and gratification mengungkapkan makna media oleh pengguna sosial media yang digolongkan sebagai pengguna sosial media yang aktif, makna yang ditemukan merupakan dorongan pengguna sosial media untuk melakukan tindakan cyberbully di Path. Beragam motif yang mendorong pengguna Path aktif untuk memaknai tayangan tersebut terbagi dalam 5 motif kebutuhan pengguna Path terhadap media sosial yaitu diversion (pelepasan), interpersonal utility (kegunaan pribadi),relaxation (relaksasi), surveylance (pengawasan) dan knowledge (pengethuan). Dalam hal ini pengguna Path yang bersifat aktif bisa saja secara tidak sadar ada sesuatu dorongan yang membuat pengguna tersebut melakukan tindakan cyberbully. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Sementara itu pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini melalui metode survey. Dengan mendapatkan 140 orang sample yang ditentukan melalui Simple Random Sampling. Data didapatkan melalui teknik kuesioner dalam hal ini perhitungan akan dilakukan dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif pengguna Path dalam melakukan cyberbully adalah sebagai sarana relaxation artinya pengguna Path terdorong untuk melakukan tindakan cyberbully didasari oleh latar belakang untuk mencari hiburan dan juga kebutuhan bersantai. Selain itu ada juga pengguna Path yang terdorong melakukan tindakan cyberbully sebagai sarana untuk menghabiskan waktu bersama orang - orang terdekat. Dalam hal ini pengguna Path menganggap tindakan cyberbully adalah tindakan yang menghibur dan juga menginspirasi ide - ide baru untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi di kehidupan nyata,ini dibuktikan dengan tingkat perhatian pengguna Path terhadap tema bullying dan juga bahan upload untuk bullying di Path. Sehingga pengguna Path sebagai pihak yang aktif sangat peka dalam tindakannya untuk memenuhi kebutuhan pengguna itu sendiri. Dengan demikian alasan atau motif yang paling jelas mengapa seseorang menjadi pelaku cyberbully adalah bahwa pelaku bullying merasakan kepuasan apabila ia "berkuasa" di dunia maya. Selain itu, tawa dan respons teman-teman sekelompoknya saat ia mempermainkan sang korban memberikan penguatan terhadap perilaku bullyingnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:00
Last Modified: 21 Feb 2018 02:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22564

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo