UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN AUDIENS PADA ETIKA KOMUNIKASI DALAM TAYANGAN ACARA PESBUKERS (Studi Resepsi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan Tahun 2011)

Tjahyono, Mirawati (2015) PEMAKNAAN AUDIENS PADA ETIKA KOMUNIKASI DALAM TAYANGAN ACARA PESBUKERS (Studi Resepsi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan Tahun 2011). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mirawatitj-41678-1-pendahul-x.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mirawatitj-41678-2-babi.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi elektronik semakin pesat pada era globalisasi. Teknologi yang semakin canggih dapat mempermudah khalayak atau audiens untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Semua media pada umumnya merupakan sebuah media komunikasi massa dengan menyabarkan informasi kepada khalayak. Media televisi merupakan salah satu media komunikasi massa. Peneliti mengangkat tayangan acara “pesbukers” karena peneliti menemukan hal yang menarik yaitu fenomena bullying serta minimnya penerapan etika komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemakanaan mahasiswa Prodi Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2011 pada etika komunikasi dalam tayangan acara “pesbukers” pada tanggal 20 Juli 2013. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efek media dan teori khalayak aktif Baran (2009). Teori-teori tersebut digunakan oleh peneliti untuk membantu mengungkapkan dan menjelaskan bahwa penonton dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan dikonsepsikan sebagai produsen makna yang bersifat aktif dan berpengetahuan luas, bukan produk dari teks yang distrukturkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Metode Resepsi dengan teknis sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang menarik sepuluh subyek berkriteria yang telah ditentukan peneliti. Analisis data menggunakan model interaksi Miles dan Huberman dengan metode pengumpulan data berupa kegiatan Focus Group Discussion (FGD) sebagai teknik pengumpulan data. FGD diadakan pada hari Kamis tanggal 17 April 2015 di Perumahan Bumi Asri Sengkaling Tahap 3 blok E3 dari pukul 15.26 hingga pukul 16:30. Pada penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan yang telah dikaitkan dengan studi resepsi. Pertama, pada kategori dominan, audiens memaknai secara langsung atau setuju dengan tayangan acara pesbukers sebagai media hiburan. Kedua, pada kategori negosiasi, audiens menerima adanya tayangan acara pesbukers dapat dijadikan media hiburan dan kurang digunakannya etika komunikasi dan lebih tepatnya jika tayangan acara pesbukers ditayangkan pada tayangan yang sudah melek media. Pada kategori ini, audiens menerima makna yang dihasilkan dengan mengkompromikan makna yang dimaksudkan oleh peneliti. Ketiga, kategori oposisi, audiens memaknai tayangan acara pesbukers tidak mendidik serta dapat memberikan efek kurang baik pada penonton atau audiens yang melihat tayangan acara pesbukers. Makna yang dihasilkan pada kategori ini sejalan dengan makna yang dimaksud peneliti. Pada penelitian selanjutnya yang sejenis, diharapkan dapat menggunakan teknik pengumpulan data yang dapat mencari informasi maupun data secara mendalam, seperti wawancara. Dalam penelitian ini FGD yang dilakukan terhambat dan mempengaruhi jawaban audiens yang kurang lebih sama. Selain itu, hasil dari penelitian ini dapat bermanfaat bagi khalayak dalam memilih tayangan yang akan ditonton yang bermafaat bagi khalayak dan mendidik serta disesuaikan dengan kebutuhan khalayak mengetahui tindakan apa saja yang seharusnya patut untuk dilakukan atau tindakan yang tidak patut dilakukan sesuai dengan etika komunikasi yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 28 Mar 2016 01:53
Last Modified: 28 Mar 2016 01:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22559

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo