UMM Institutional Repository

STUDI TENTANG EFEKTIFITAS HUKUM PEMENUHAN KELENGKAPAN PETUNJUK PENGGUNAAN DAN KARTU JAMINAN DALAM BAHASA INDONESIA UNTUK PERDAGANGAN HANDPHONE IMPOR DI PASAR DALAM NEGERI.

ROMADHON, ALDY FEHRIAL (2015) STUDI TENTANG EFEKTIFITAS HUKUM PEMENUHAN KELENGKAPAN PETUNJUK PENGGUNAAN DAN KARTU JAMINAN DALAM BAHASA INDONESIA UNTUK PERDAGANGAN HANDPHONE IMPOR DI PASAR DALAM NEGERI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aldyfehria-42541-2-babi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aldyfehria-42541-1-pendahul-n.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Barang elektronik banyak beredar secara ilegal atau melalui pasar gelap. Pasar gelap atau dalam bahasa inggris di sebut Blackmarket ialah sektor kegiatan ekonomi yang melibatkan transaksi ekonomi ilegal, khususnya pembelian dan penjualan barang dagangan secara tidak sah.Dimana dalam pasal 2 ayat 1 Peraturan Menteri Perdagangan No.: 19/M-DAG/PER/5/2009 Tentang Aturan Pendaftaran Petunjuk Penggunaan ( Manual ) Dan Kartu Jaminan/ Garansi Purna Jual Dalam Bahasa Indonesia Bagi Produk Telematika Elektronika sudah diatur bagaimana seharusnya produk telematika wajib memiliki kartu jaminan/ garansi berbahasa indonesia. Tujuan penulisan ini mengetahui pengaturan tentang pemenuhan kelengkapan petunjuk penggunaan dan kartu jaminan dalam Bahasa Indonesia untuk perdagangan handphone impor di pasar dalam negeri, pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Bea Cukai dan Disperindag dalam mengawasi perdagangan handphone impor dalam negeri dalam pemenuhan kelengkapan petunjuk penggunaan dan kartu jaminan dalam Bahasa Indonesia, mengetahui pemahaman penjual mengenai aturan tentang pemenuhan kelengkapan petunjuk penggunaan dan kartu jaminan dalam Bahasa Indonesia pada handphone impor dalam negeri, pemahaman pembeli tentang aturan pemenuhan kelengkapan petunjuk penggunaan dan kartu jaminan dalam Bahasa Indonesia pada handphone dan faktor yang mempengaruhi masyarakat memilih handphone “blackmarket”. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Penelitian ini dilakukan di Disperindag dan Bea Cukai Malang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melakukan wawancara dengan petugas Disperindag dan Bea Cukai, teknik pengumpulan data berikutnya adalah studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini dari aturan dan penegak hukum masih belum efektif dalam menangani peredaran handphone blackmarket ini, karena masih ditemukannya handphone blackmarket yang tidak memiliki kartu panduan dalam berbahasa indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 28 Mar 2016 01:34
Last Modified: 28 Mar 2016 01:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22545

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo