UMM Institutional Repository

PENULISAN HUKUM STUDI TENTANG PENYELESAIAN TINDAK PIDANA ANAK MELALUI PROSES MEDIASI

Wulan, Romida Retno (2015) PENULISAN HUKUM STUDI TENTANG PENYELESAIAN TINDAK PIDANA ANAK MELALUI PROSES MEDIASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-romidaretn-40907-2-babi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-romidaretn-40907-1-pendahul-n.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Tindak pidana tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa tetapi juga oleh anak-anak. Secara kuantitas, tindak pidana anak cenderung meningkat dewasa ini. Upaya terbaik sebagai penanganan yaitu menjauhkan anak dari sistem peradilan pidana, karena harus diprioritaskan untuk mencegah timbulnya trauma dan penderitaan ganda akibat dari peradilan pidana. Upaya diversi dengan pendekatan Restorative Justice melalui mediasi merupakan solusi yang tepat. Salah satu syarat Restorative Justice adalah adanya pengakuan dan pernyataan bersalah pelaku. Rumusan masalah pada penelitian ini : kriteria pengakuan, mekanisme pengakuan dan legalitas pengakuan oleh Anak yang Berkonflik dengan Hukum (ABH). Metode yang digunakan yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari lapangan, sedangkan sumber data sekunder dari Peraturan Perundang-undangan dan literatur-literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan responden yang berasal dari populasi Anggota Kepolisian Polresta Malang. Analisa data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh : kriteria pengakuan adalah pengakuan untuk dirinya sendiri, didukung sekurangnya 2 (dua) alat bukti yang sah. Mekanisme pengakuannya adalah dapat dilakukan didalam maupun diluar forum mediasi. Sedangkan legalitas pengakuannya adalah tidak bernilai alat bukti yang sah dalam persidangan melainkan hanya sah digunakan dalam pelaksanaan diversi. Sebagai saran, seharusnya pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai penjelasan lebih lanjut dari Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 terkai diversi. Penyidik juga harus memberikan pertimbangan positif bagi ABH yang mengakui kesalahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 26 Mar 2016 03:25
Last Modified: 26 Mar 2016 03:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22504

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo