UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 PADA KELAS IV SDN MULYOARJO 03 KECAMATAN LAWANG

RIMAWATI, FITRIYA (2015) ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 PADA KELAS IV SDN MULYOARJO 03 KECAMATAN LAWANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriyarim-40910-2-bab_i_fix.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriyarim-40910-1-pendahul-).pdf

Download (745kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Guru harus menggunakan model pembelajaran yang diamanatkan oleh pemerintah melalui kurikulum 2013. Ada 3 model pembelajaran yang cocok dengan kurikulum 2013 yaitu: Problem based learning, Discovery learning dan Project based learning. Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis dan mengetahui pelaksanaan model project based learning dalam kurikulum 2013 di SDN Mulyoarjo 03 Kecamatan Lawang (2) mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan model project based learning dalam kurikulum 2013 di SDN Mulyoarjo 03 Kecamatan Lawang (3) mengidentifikasi strategi penyelesaian yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala pelaksanaan model project based learning dalam kurikulum 2013 di SDN Mulyoarjo 03 Kecamatan Lawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai sunber data, dipilih guru kelas IV, siswa kelas IV SDN Mulyoarjo 03 Kecamatan Lawang. Penelitian ini dilaksanakan pada Desember-Januari dengan menggunakan teknik wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara meredukdi data,penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pelaksanaan model project based learning dijabarkan dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran (2) kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan model project based learning, terlalu banyak peralatan yang dibutuhkan, memerlukan waktu lama, dan sebagian peserta didik kurang aktif dalam kelompok (3) Strategi penyelesaian yang dilakukan guru, meminimalis dan menyediakan peralatan yang sederhana yang terdapat di lingkungan sekitar, guru membatasi waktu peserta didik dalam menyelesaikan proyek, guru lebih tegas terhadap peserta didik yang susah dikondisikan dan cenderung tidak aktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 26 Mar 2016 03:19
Last Modified: 26 Mar 2016 03:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22501

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo