UMM Institutional Repository

ANALISIS TERHADAP HASIL MEDIASI YANG GAGAL DI PENGADILAN AGAMA KOTA MALANG DALAM KASUS PERCERAIAN PADA BULAN JANUARI 2015 (Studi di Pengadilan Agama Kota Malang)

PRAYITNO, CANDRA HADI (2015) ANALISIS TERHADAP HASIL MEDIASI YANG GAGAL DI PENGADILAN AGAMA KOTA MALANG DALAM KASUS PERCERAIAN PADA BULAN JANUARI 2015 (Studi di Pengadilan Agama Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candrahadi-41214-2-babi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candrahadi-41214-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasus perceraian yang dimediasikan di Pengadilan Agama Kota Malang, menunjukan bahwa masih sangat rendahnya tingkat keberhasilan dalam proses mediasi tersebut. Hal ini membuktikan bahwa di dalam mediasi terdapat banyak kendala dan masalah yang menjadikan mediasi tersebut tidak berhasil. Penelitian ini mengambil rumusan masalah Apa alasan-alasan terjadinya perceraian di Pengadilan Agama Kota Malang, Kendala apa sajakah yang mempengaruhi gagalnya mediasi dalam perkara perceraian dan Apa solusi untuk mengatasi gagalnya mediasi dalam perkara perceraian di Pengadilan Agama Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari lapangan dan sumber data sekunder dari dokumentasi dan peraturan perundang-undangan dan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara yang berasal dari para mediator dan pihak yang berperkara. Kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dari para mediator dan kepada para pihak yang berperkara, diperoleh data-data tentang kendala yang mempengaruhi: a. egoisme, b. Keinginan yang kuat untuk berpisah, c. Tidak ada iktikad baik, d. Ekonomi, e. Masalah hati, f. Perselingkuhan, g. Campur tangan pihak ketiga. Kesimpulannya, sebagian besar mereka yang berperkara mengalami masalah rumah tangga yang sudah terlanjur berat dan telah mencapai puncaknya sehingga mediasi banyak mengalami kegagalan. Saran, membentuk lembaga independent di luar pra peradilan sebagai tempat penyuluhan dan konsultasi yang dapat dijangkau oleh masyarakat diberbagai daerah untuk mengatasi dan menyelesaikan konflik rumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 26 Mar 2016 03:06
Last Modified: 26 Mar 2016 03:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22491

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo