UMM Institutional Repository

KAMUS BAHASA DAERAH DENGAN AUTOMATIC LANGUAGE DETECTION MENGGUNAKAN ALGORITMA LEFT CORNER PARSING

NISA, NURHAYATUN (2015) KAMUS BAHASA DAERAH DENGAN AUTOMATIC LANGUAGE DETECTION MENGGUNAKAN ALGORITMA LEFT CORNER PARSING. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurhayatun-40677-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurhayatun-40677-2-babi.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Bangsa Indonesia memiliki banyak bahasa daerah yang berbeda-beda untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan disekitarnya. Masalah perbedaan bahasa sering menjadi kendala dalam melakukan komunikasi. Hal ini dapat terselesaikan apabila ada pihak ketiga yang menguasai bahasa-bahasa tersebut atau yang dapat disebut sebagai penerjemah. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi terjemahan yang mampu mendeteksi bahasa secara otomatis dan menerjemahkan tiga bahasa daerah (Jawa, Sunda, dan Banjar) ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya. Automatic Language Detection merupakan sebuah proses pengecekan otomatis sebuah bahasa, dalam hal ini yang dimaksudkan adalah pengecekan bahasa dalam suatu input-an teks yang ingin diterjemahkan. Algoritma yang digunakan adalah Left Corner Parsing, yaitu sebuah strategi parsing yang menggunakan data secara bottom up dan prediksi top down. Algoritma ini menggunakan metode analisa kemungkinan terbaik pertama yang didapat dan kemudian pencarian langsung. Sehingga dengan metode yang digunakan oleh left corner parsing ini lebih efesien, bentuk kalimat yang dihasilkan lebih tepat dan mendekati bentuk pola kalimat yang sebenarnya. Dengan metode ini input-an yang berupa kalimat/kata akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan. Pengujian sistem dilakukan dengan meng-input-kan beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia maupun bahasa daerah (Jawa, Sunda, dan Banjar) dan kemudian menerjemahkannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 26 Mar 2016 02:36
Last Modified: 26 Mar 2016 02:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22475

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo