UMM Institutional Repository

TINJAUAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PERJANJIAN BAKU SEWA BELI KENDARAAN BERMOTOR (Studi Terhadap Putusan Pengadilan Negeri Kota Singkawang Nomor: 01/PDT.G/BPSK/2013/PN.SKW)

AFIFAH, RUBHY NUR (2015) TINJAUAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PERJANJIAN BAKU SEWA BELI KENDARAAN BERMOTOR (Studi Terhadap Putusan Pengadilan Negeri Kota Singkawang Nomor: 01/PDT.G/BPSK/2013/PN.SKW). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kasus ini merupakan kasus gugatan perdata antara PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE, melawan LEKSI IMANUEL, bahwa timbulnya gugatan ini di sebabkan karena adanya putusan BPSK kota singkawang dalam putusan nomor 41 tahun 2012 pada tanggal 18 desember 2012. Dengan adanya Putusan BPSK Kota Singkawang, PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE, Tbk keberatan dengan putusan tersebut dikarenakan banyaknya isi yang bertentangan dengan tugas dan wewenang BPSK lalu PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE, Tbk. Mengajukan gugatan kepada Pengadilan Negeri Singkawang untuk membatalkan Putusan BPSK Kota Singkawang. Penelitian ini mengambil 2 rumusan malasah yaitu : 1) Apakah yang menjadi pertimbangan hukum Pengadilan Negeri Kota Singkawang Nomor 01/PDT.G/BPSK/2013/PN.SKW yang membatalkan Putusan BPSK berkenaan dengan perjanjian baku sewa beli kendaraan bermotor. dan 2) Bagaimana Prespektif hukum perlindungan konsumen terhadap pertimbangan hakim dalam putusan PengadilanNegeriKota Singkawang Nomor : 01/PDT.G/BPSK/2013/PN.SKW. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis Normatif, Pencarian berupa bahan-bahan hukum baik primer, sekunder, maupun tersier yang dibutuhkan. Kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisa secara metode analisis yuridis kualitatif. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis dari bahan-bahan hukum, ditemukan kesimpulan maka Majelis Hakim dapat mengeluarkan pembatalan putusan BPSK. Dan BPSK Kota Singkawang tidak berwenang memeriksa dan memutus sengketa ini dengan melanggar dan mengabaikan hak-hak Pemohon. dalam pernjanjian ini telah disepakati “Segala perselisihan sebagai akibat dilaksanakannya Perjanjian ini para pihak setuju dan sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah dan mufakat. Apabila jalan musyawarah dan mufakat tidak tercapai, maka para pihak sepakat untuk menyelesaikannya melalui Pengadilan di wilayah Kreditur berkantor. Jadi apabila sudah ada kesepakatan sebelumnya dari para pihak maka BPSK tidak mempunyai hak untuk ikut memutus perkara tersebut karena apabila terjadi perselisihan atau sengketa antara kedua belah pihak maka para pihak bisa mengajukan gugatan kepada Pengadilan Negeri kota Singkawang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 26 Mar 2016 02:28
Last Modified: 26 Mar 2016 02:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22469

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo