UMM Institutional Repository

PERLINDUNGAN HUKUM KORBAN KEJAHATAN PADA TAHAP PENUNTUTAN DALAM PERSPEKTIF RESTORATIVE JUSTICE (Studi Kasus Penganiyayaan di Kota Malang)

SANTOSO, SLAMET (2015) PERLINDUNGAN HUKUM KORBAN KEJAHATAN PADA TAHAP PENUNTUTAN DALAM PERSPEKTIF RESTORATIVE JUSTICE (Studi Kasus Penganiyayaan di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-slametsant-41566-2-babi.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-slametsant-41566-1-pendahul-n.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Kajian tentang “korban” (perlindungan hukum terhadap korban) sejatinya merupakan bagian dari kajian Ilmu Hukum Pidana yaitu masuk pada materi victimologi. Kedudukan victimologi yang menjadi bagian dari kriminologi sebagai obyek kajian Hukum Pidana yang baru, tidak berarti victimologi tidak mempunyai urgensitas dalam perkembangan kajian Ilmu Hukum khususnya Ilmu Hukum Pidana. Viktimologi sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang korban, termasuk hubungan antara korban dan pelaku, serta interaksi antara korban dan sistem peradilan pidana, sudah mendapatkan perhatian dunia internasional, tepatnya dalam Kongres PBB VII Tahun 1985 tentang “The Prevention of Crime and The Treatment of Offenders”, di Milan, 26 Agustus – 6 September 1985. Untuk Indonesia sejak diundangkan UU Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Perlindungan Saksi dan Korban memberikan pengaturan terhadap aspek perlindungan korban yang lebih detail dan melengkapi aspek perlidungan korban yang sudah diakomodir dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Victimologi sebagai bagian dari Ilmu Hukum Pidana secara tidak langsung ikut mendorong munculnya pewacanaan pendekatan keadilan restoratif (Restorative Justice) dalam praktek pelaksanaan Sistem Peradilan Pidana di Indonesia, dimana keadilan restoratif diartikan sebagai konsep pemikiran yang merespon pengembangan sistem peradilan pidana dengan menitik beratkan pada kebutuhan pelibatan masyarakat dan korban. Berangkat dari argumentasi diatas, Penulisan Hukum (skripsi) ini diarahkan untuk membahas dan menguraikan bagaimana perlindungan Hukum terhadap korban khususnya interaksi antara korban dengan sistem peradilan pidana khususnya lembaga kejaksaan dengan menggunakan pendekatan keadilan restoratif (Restoratif Justice) sebagai bagian dari penelitian tentang pengembangan kajian yang berkaitan dengan perlindungan korban di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 26 Mar 2016 02:26
Last Modified: 26 Mar 2016 02:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22466

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo