UMM Institutional Repository

SISTEM NOTIFIKASI KEMACETAN LALU LINTAS BERBASIS MEDIA SOSIAL DENGAN METODE NLP

Triwijaya, Hendra (2015) SISTEM NOTIFIKASI KEMACETAN LALU LINTAS BERBASIS MEDIA SOSIAL DENGAN METODE NLP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hendratriw-38996-1-pendahul-n.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hendratriw-38996-2-bab1.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Kemacetan lalu lintas merupakan hal yang tidak asing lagi di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Kemacetan ini merupakan suatu permasalahan yang berdampak negatif terhadap penduduk pada setiap kota besar. Permasalahan kemacetan lalu lintas ini,sampai sekarang belum dapat teratasi. Di karenakan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat dan meningkatnya konsumen untuk memiliki kendaraan pribadi, serta kurangnya informasi mengenai kemacetan lalu lintas Dengan berkembangnya teknologi saat ini, jejaring sosial adalah situs di internet yang sudah setingkat dengan sumber berita arus utama, informasi yang kita sampaikan di situs jejaring sosial sangat cepat menyebar. Dengan cara mengirimkan tweet untuk menyebarkan informasi kemacetan, pemanfaatan Twitter sebagai sumber informasi khususnya memberitahu kemcetan lalu lintas di kota Malang. Twitter merupakan microblog yang berkembang pesat. Dari berbagai posting-an terdapat beberapa topik dari informasi yang dapat bermanfaat untuk dikembangkan, diantaranya adalah informasi tentang lalu lintas. Pengambilan data atau tweet menggunakan twitter API. Metode Natural Language Processing (NLP) Pada prinsipnya bahasa alami adalah penguraian kalimat atau sering disebut dengan parser.Parser berfungsi untuk membaca kalimat, kata demi kata dan menentukan jenis kata apa saja yang boleh mengikuti kata tersebut. Dengan penerapan teknologi ini sebagai media untuk mempermudah mendapat informasi secara tepat dan akurat dimana titik – titik area terjadi kemacetan yang memiliki tujuan mempersingkat mencapai tujuan. Salah satunya sistem yang akan dikembangkan berupa aplikasi Web, yang melalui proses masukan pesan teks berupa tweet, dengan menggunakan kata kunci yang melalui tokenisasi, dihubungkan dengan google maps sehingga dapat mengetahui lokasi kemacetan yang ditampilkan dalam bentuk peta beserta informasinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 26 Mar 2016 02:04
Last Modified: 26 Mar 2016 02:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22432

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo