UMM Institutional Repository

KLASIFIKASI ENTERTAINER BERDASARKAN TWEET MENGGUNAKAN METODE SCORING BERBASIS LEXICON BASED

Pratama, Hilal (2015) KLASIFIKASI ENTERTAINER BERDASARKAN TWEET MENGGUNAKAN METODE SCORING BERBASIS LEXICON BASED. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hilalprata-38998-2-babi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hilalprata-38998-1-pendahul-n.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

media sosial adalah salah satu bentuk berkembangnya teknologi informasi, dengan adanya media sosial ini dapat membantu segala bentuk penyampaian informasi dari individu satu ke individu lain. Salah satu media sosial yang sedang ramai saat ini adalah twitter. Dengan adanya twitter, individu dapat memberikan komentar terhadap individu lain, berarti dalam hal ini twitter dapat dijadikan bahan penilaian untuk individu. Komentar dalam twitter dapat disebut juga dengan tweet atau dalam bahasa Indonesia berarti kicauan. Entertainer atau biasa disebut artis adalah salah satu individu yang sering mendapatkan komentar dari masyarakat luas melalui media sosialnya, salah satunya adalah twitter. Sistem ini dibuat untuk memberikan penilaian terhadap entertertainer berdasarkan tweet. Dengan menggunakan metode lexicon based yaitu salah satu metode yang ada dalam sentiment analysis, tweet dapat diklasifikasikan dan digunakan dalam bahan penilaian. Setelah berhasil melakukan klasifikasi tweet selanjutnya adalah menghitung total nilai kata sentiment positif dan nilai kata sentiment negatif, untuk selanjutnya dijadikan dalam proses klasifikasi entertainer. Hasil akhir dari proses ini adalah menampilkan hasil klasifikasi entertainer berdasarkan tweet dan rangking yang didapatkan dari menghitung selisih total nilai kata sentiment positif dengan total nilai kata sentiment negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 26 Mar 2016 02:02
Last Modified: 26 Mar 2016 02:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22431

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo