UMM Institutional Repository

TINJAUAN KRIMINOLOGI TENTANG PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENGEDARAN UANG PALSU OLEH KEPOLISIAN (Studi Di Polres Kota Batu)

ASYATHRI, SYUKRI GAZALI (2016) TINJAUAN KRIMINOLOGI TENTANG PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENGEDARAN UANG PALSU OLEH KEPOLISIAN (Studi Di Polres Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syukrigaza-42319-1-coversk-..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syukrigaza-42319-2-babi.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Uang palsu dapat melemahkan kepercayaan terhadap sistem pembayaran, yang mengakibatkan masyarakat umum tidak merasa yakin saat menerima uang tunai dalam transaksi. Usaha penanggulangan pengedaran uang palsu pada hakekatnya merupakan bagian usaha penegakan hukum pidana. Pengaturan kejahatan terhadap mata uang dan sanksi pidananya diatur dalam KUHP yakni pasal 244 sampai pasal 252, Pengaturan tindak pidana pengedaran uang palsu juga terdapat dalam Undang-undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang pasal 24 dan pada pasal 34. Sanksi pidana yang tinggi ternyata tidak membuat pelaku tindak pidana pengedaran uang palsu jerah. Tindak pidana pengedaran uang palsu terus berlangsung di Indonesia. Pada 2014 terdapat 2 kasus tindak pidana pengedaran uang palsu. Dari fenomena tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apa yang menjadi faktor penyebab terjadinya pengedaran uang palsu ? (2) Bagaimana upaya penanggulangan secara represif yang dilakukan oleh Kepolisian terhadap tindak pengedaran uang palsu? (3) Bagaimana upaya penanggulangan secara preventif yang dilakukan oleh Kepolisian terhadap tindak pengedaran uang palsu Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis Sosiologis, yaitu dengan melihat hukum sebagai prilaku manusia dalam masyarakat dan dianalisa dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer berupa wawancara langsung dengan pihak Polres Kota Batu, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif. Setelah dilakukan penelitian dapat diketahui bahwa faktor yang memicu timbulnya tindak pengedaran uang palsu adalah faktor internal yang berasal dari dalam diri pelaku pengedar tersebut, sedangkan upaya penanggulangan yang dilakukan oleh Kepolisian adalah dengan cara preventif (pencegahan) dan represif (penindakan). Dari hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan antara lain, perlunya kegiatan khusus dalam Unit Pidana Khusus Polres Kota Batu untuk mengadakan kegiatan kajian dan kampanye terkait tindak kejahatan pengedaran uang serta patroli rutin yang dilakukan oleh pihak Kepolisian. Selain itu perlu adanya kerjasama Kepolisian dengan BI setempat dan Botasupal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 26 Mar 2016 02:01
Last Modified: 26 Mar 2016 02:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22427

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo