UMM Institutional Repository

Penyidikan Tersangka Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial Twitter Di Polresta Malang

Kirana, Nova Wimantika Rindang (2015) Penyidikan Tersangka Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial Twitter Di Polresta Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novawimant-40342-2-babi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novawimant-40342-1-pendahul-n.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Twitter merupakan salah satu fitur aplikasi media sosial yang sangat fenomenal di dunia maya yang dalam penggunaannya terkait erat dengan jaringan internet, yang tentunya rentan menimbulkan penyalahgunaan yang bisa dimungkinkan akan menjerat baik si pengirim maupun si penerimanya seperti kasus pencemaran nama baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami serangkaian tindakan penyidik dalam mencari dan mengumpulkan bukti dalam perkara pencemaran nama baik melalui Twitter dan untuk mengetahui kendala penyidik dalam mengungkap kasus pencemaran nama baik melalui Twitter. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis – Empiris, sumber data primer diperoleh dari data hasil observasi penelitian di POLRES Kota Malang dan peraturan perundang-undangan dan sumber data sekunder dari buku, karya ilmiah kemudian dianalisa secara deskriptif analitis. Hasil penelitian, adanya kendala mengenai bukti-bukti yang amat rumit terkait dengan teknologi informasi dan kode-kode digital, menyikapi permasalahan tersebut, penyidik dapat menggunakan digital forensic serta kendala yang dihadapi yakni jika data/tweet dihapus maka selain menggunakan digital forensik, penyidik bisa juga melakukan kerja sama dengan provider telekomunikasi serta pihak terkait lainnya. Kurangnya personil dibidang digital forensik juga menjadi hambatan. Kesimpulannya, era digital seperti saat ini, penggunaan digital forensik tentunya akan semakin meningkat. Sehingga penyidik sudah selayaknya untuk memahami serta memiliki wawasan yag cukup akan metode tersebut. Saran, Perlu segera dilakukan revolusi untuk membenahi ketertinggalan baik dari sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana yang ada sehingga penyidik dapat melakukan tugas pokok dan fungsinya dengan baik serta memberikan perlindungan dan rasa aman yang lebih kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 26 Mar 2016 01:47
Last Modified: 26 Mar 2016 01:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22414

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo