UMM Institutional Repository

PENERAPAN SANKSI PEREDARAN MIRAS MENURUT PERDA KOTA MALANG NOMOR 5 TAHUN 2006

Sadono, Putri Wahyu Sri (2015) PENERAPAN SANKSI PEREDARAN MIRAS MENURUT PERDA KOTA MALANG NOMOR 5 TAHUN 2006. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriwahyu-40343-2-babi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriwahyu-40343-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adanya pengawasan dan pengendalian penjualan miras diperlukan agar penjualan miras tidak dilakukan disembarang tempat tetapi hanya tempat tertentu saja serta harus dikendalikan melalui perizinan dan pengawasannya, karena miras yang diminum tanpa memperhatikan aturan yang ada dalam kemasan barang tersebut, dapat berdampak negatif terhadap kesehatan maupun dampak sosial, dan dalam permasalahan ini landasan hukum yang digunakan adalah Perda Kota Malang nomor 5 tahun 2006. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji prosedur penerapan sanksi peredaran miras menurut Perda Kota malang Nomor 5 tahun 2006, untuk mengkaji relevansi sanksi yang dijatuhkan kepada Toko penjual minuman beralkohol yang melanggar Perda Kota Malang Nomor 5 Tahun 2006, dan untuk mengkaji efektivitas sanksi yang dijatuhkan kepada Toko penjual minuman beralkohol yang melanggar Perda Kota Malang Nomor 5 Tahun 2006. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis, pendekatan menggunakan undang-undang dan pendekatan konseptual. Penulis melakukan penelitian di Disperindag Kota Malang, Satuan Pol PP Kota Malang dan Toko Nusantara, menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai bentuk pengumpulan data. Setelah melakukan penelitian, penulis ketahui bahwa prosedur penerapan sanksi peredaran tindak pidana peredaran miras di Kota Malang dilaksanakan oleh petugas Satpol PP, sumber tindakan dilakukan berdasarkan laporan masyarakat maupun razia rutin yang dilakukan secara berkala. Pada tahun 2014 terjadi 2 kali pelanggaran tindak pidana ringan yang berkenaan dengan larangan peredaran miras. Sanksi yang diberikan masih jauh dari relevan terhadap peraturan, selama ini para penjual hanya diberi binaan dan dikenakan denda. Diberi pembinaan dan dikenakan denda saja belum lah relevan dengan apa yang ada Perda dan belum cukup untuk membuat efek jera kepada para penjual yang melanggar peraturan Perda, yang mana kendala ini disebabkan oleh kurangnya koordinasi dan kerjasama antara Satpol PP dan pihak Kepolisian dalam melakukan pengawasan peredaran miras di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 26 Mar 2016 01:46
Last Modified: 26 Mar 2016 01:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22411

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo