UMM Institutional Repository

Analisis Peran Ahli Psikiatri Forensik Dalam Membantu Penyidik Mengungkap Tindak Pidana Pembunuhan

Khasuna, Abdul Latif (2015) Analisis Peran Ahli Psikiatri Forensik Dalam Membantu Penyidik Mengungkap Tindak Pidana Pembunuhan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdullatif-40760-1-pendahul-n.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdullatif-40760-2-babi.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Dalam mencari keterangan seseorang yang dianggap atau patut di duga mengalami gangguan kejiwaan, seseorang yang mempunyai keahlian khusus dalam hal ini peranan ahli psikiatri forensik dibutuhkan oleh penyidik untuk mengungkap tindak pidana, salah satunya adalah tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh terdakwa yang mengalami gangguan kejiwaan. Berdasarkan pasal 44 KUHP bahwa orang yang mentalnya cacat tidak dapat dihukum karena ketidak mampuan bertanggungjawabnya untuk itu penyidik perlu mengajukan seorang ahli dalam mengetahui kemampuan bertanggugjawab seseorang tersebut. Oleh karena itu penulis mengangkat 2 rumusan masalah yakni bagaimana peran Ahli Psikiatri Forensik dalam membantu penyidik mengungkap kasus tindak pidana Pembunuhan dan apa hambatan yang di alami Ahli Psikiatri Forensik dalam mengungkap kasus dalam pembunuhan. Dalam menganalisa permasalahan ini, penulis menggunakan metode yuridis sosiologis dengan menjadikan hasil wawancara sebagai sumber data primer dan ditunjang data-data lain seperti undang-undang dan pendapat para ahli. Peranan psikiater dalam penyidikan yakni untuk menerbitkan keterangan Visum et repertum Psikiatri (VeRP) sebagai alat bukti surat dalam proses pembuktian di persidangan dan surat keterangannya dilampirkan di berkas perkara sebagai alat bukti keterangan ahli. Adapun hambatan yang diterima oleh para pskiatri adalah tentang keterbatasan fasilitas dan kurangnya sumber daya manusia yang dalam hal ini adalah pskiatri, karena untuk wilayah sekelas propinsi jumlah pskiatri di RS Bhayangkara Surabaya hanya 3 orang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 26 Mar 2016 01:29
Last Modified: 26 Mar 2016 01:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22389

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo