UMM Institutional Repository

APLIKASI OBFUSCATION PADA SOURCE CODE PEMROGRAMAN JAVA UNTUK MELINDUNGI KARYA CIPTA PERANGKAT LUNAK

Abidin, Zaenal (2015) APLIKASI OBFUSCATION PADA SOURCE CODE PEMROGRAMAN JAVA UNTUK MELINDUNGI KARYA CIPTA PERANGKAT LUNAK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zaenalabid-40811-1-pendahul-x.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zaenalabid-40811-2-babi.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek, dan kemampuannya dapat dijalankan di berbagai platform dan sistem operasi. Dari kelebihan itu, Source code bahasa Java dapat dilihat dan dimanipulasi dengan mudah oleh user. Hal ini dapat merugikan bagi programmer atau developer program komersial yang menggunakan bahasa pemrograman java. Salah satu cara untuk melindugi hak kekayaan intelektual tersebut adalah dengan cara obfuscation. Cara kerjanya dengan mengubah / mengacak source code suatu aplikasi namun tetap memelihara semantiknya, dalam mengacak source code tersebut dapat menggunakan berbagai algoritma. Pada penelitian ini menggunakan algoritma Advanced Encryption Standard 128 (AES 128) Obfuscation point fungsi yaitu mengubah variable, method dan string value yang ada pada source code program dengan menggunakan algoritma enkripsi AES 128. Pada tulisan ini teknik obfuscation diimplementasikan pada bahasa pemrograman Java, yaitu file yang memiliki ekstensi *.java yang selanjutnya di-compile menjadi file *.class. Secara keseluruhan perangkat yang dibuat berjalan sesuai dengan rancangan. Hasil dari pengujian ini untuk meng-obfuskasi projek java yang dihasilkan setelah proses obfuscating dapat berjalan dengan kemampuan yang sama sebagaimana projek aslinya, namun projek hasil obfuscating dijalankan dengan membutuhkan alokasi memori RAM yang lebih besar dari projek aslinya, yaitu mengalami peningkatan sebesar 35,29 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 26 Mar 2016 01:29
Last Modified: 26 Mar 2016 01:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22388

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo