UMM Institutional Repository

Tanggung-Jawab Perusahaan Terhadap Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Bidang Sosial Dan Lingkungan. (Studi pada PT. PG Rajawali I Unit PG Krebet Baru, Bululawang, Malang.)

CAHYONO, ANDI RAFIUL PRIYO (2015) Tanggung-Jawab Perusahaan Terhadap Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Bidang Sosial Dan Lingkungan. (Studi pada PT. PG Rajawali I Unit PG Krebet Baru, Bululawang, Malang.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andirafiul-40765-2-babi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andirafiul-40765-1-pendahul-n.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Program Tanggung-Jawab Sosial Perusahaan atau lebih dikenal dengan CSR (Corporate Sosial Responsibility) merupakan suatu program yang masih berpolemik karena belum memiliki definisi tunggal mengenai pelaksanaannya. Ada pihak lain yang mendukung CSR dan ada pula pihak yang tidak mendukung CSR. Namun dengan dimasukkannya ke dalam Undang-undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, maka perusahaan memiliki kewajiban untuk melaksanakannya.Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan PG Krebet Baru terhadap CSR yang telah dilakukan dalam bidang Sosial dan Lingkungan, faktor penghambat PG Krebet Baru dalam penerapan CSR dan upaya yang dilakukan oleh PG Krebet Baru dalam mengatasi hambatan tersebut. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Yuridis Sosiologis, teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan responden dan observasi langsung ke lokasi penelitian PG Krebet Baru, data hasil penelitian kemudian dikelolah dan dianalisa secara deskriptif. Dari penelitian ini diketahui bahwa PG Krebet Baru menerapkan CSR karena Program CSR sejalan dengan falsafah Visi, Misi, Tujuan ideals (goals) dan Budaya Perusahaan (corporate culture). PG Krebet Baru merasakan banyak manfaat dalam menerapkan Program CSR bagi perusahaan dan stakhorder-nya baik dalam bidang sosial maupun lingkungan. Dalam bidang Sosial dan Lingkungan, PG Krebet Baru menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat dengan memfokuskan permasalahan melalui program CSR yaitu: Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. PG Krebet Baru dalam menjalankan CSR sedikit mengalami hambatan, yaitu mengenai tidak adanya pengertian tunggal dari CSR, dan keterbatasan dana yang di peroleh perusahaan untuk menerapkan Program CSR. Namun hal itu tidak menghalangkan PG. Krebet Baru untuk terus menerapkan Program CSR yang sudah menjadi Kewajiban perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 12:34
Last Modified: 24 Mar 2016 12:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22373

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo