UMM Institutional Repository

STUDI KOMPARASI PILIHAN PENGUNJUNG PADA BRANDING DUA TOKO BUKU DI MALANG (Studi Komparasi pada pengunjung Toko Buku Toga Mas dan Toko Buku Gramedia Cabang Basuki Rahmat di Kota Malang)

Putri, Agni Nanda Kusuma Eka (2016) STUDI KOMPARASI PILIHAN PENGUNJUNG PADA BRANDING DUA TOKO BUKU DI MALANG (Studi Komparasi pada pengunjung Toko Buku Toga Mas dan Toko Buku Gramedia Cabang Basuki Rahmat di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agninandak-41986-2-babi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agninandak-41986-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Brand (merek) merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu produk. Merek dapat menjadi suatu nilai tambah bagi produk, baik itu produk yang berupa barang maupun jasa. Oleh karena itu menciptakan loyalitas pelanggan terhadap merek produk merupakan konsep yang sangat penting. Penelitian ini mengkomparasikan bagaimana branding yang ada dari masing-masing perusahaan yang ditemukan melalui wawancara kepada pengunjung. Peneliti memilih Toko Buku Toga Mas dan Toko Buku Gramedia Cabang Basuki Rahmat karena kedua toko buku ini adalah toko buku terbesar di Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan branding yang ada pada Toko Buku Toga Mas dan Toko Buku Gramedia Cabang Basuki Rahmat. Pemilihan data dari pengunjung dinilai peneliti efektif dalam menghindari adanya objektivitas apabila pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada pihak manajemen. Karena ada pertanyaan yang mengarahkan kepada perbandingan kedua toko buku yakni Toga Mas dan Gramedia, untuk menghindari jawaban yang seolah-olah mengunggulkan perusahaan sendiri dan tidak subjektif, kemudian peneliti melakukan pengumpulan data kepada konsumen dari kedua perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis dengan menggunakan tahapan data collection, data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di TB Togamas dan Gramedia mempunyai keunggulan brand masing-masing. Yakni kunjungan pengunjung 60% responden memilih Togamas karena buku lengkap relatif murah. Dikarenakan memang visi Toko Buku TogaMas adalah lebih mengedepankan diskon untuk pelanggan. Pelanggan yang memandang Logo atau slogan 46,67 % responden memilih Gramedia, rata-rata mereka berasumsi bahwa Toko Buku Gramedia adalah toko buku yang mereka tahu. Aspek harga responden memilih 80 % lebih murah Togamas. Aspek pelayanan 100 % responden memilih Gramedia menyatakan ramah dan cepat. Konsep tata ruang 53,33 % Gramedia menyatakan nyaman dan sejuk dikarenakan adanya pendingin ruangan (AC). Segi fasilitas 73,33 % responden memilih Togamas karena adanya tempat duduk dan taman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah betapa pentingnya merek untuk membedakan suatu identitas masing-masing perusahaan. Karena setiap identitas yang dimiliki perusaahan dapat membuat pelanggan Toko Buku Toga Mas maupun Toko Buku Gramedia Cabang Basuki Rahmat menjadi menjadi ingat akan ciri khas yang dimiliki masing-masing perusahaan dan membuat image yang dapat selalu di ingat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 12:29
Last Modified: 24 Mar 2016 12:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22370

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo