UMM Institutional Repository

Efektivitas Trailer Film Indonesia di Youtube Sebagai Dasar Keputusan Menonton Film di Bioskop (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2012 Konsentrasi

Prasetya, Hendra Boby (2016) Efektivitas Trailer Film Indonesia di Youtube Sebagai Dasar Keputusan Menonton Film di Bioskop (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2012 Konsentrasi. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hendraboby-41990-2-babi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hendraboby-41990-1-pendahul-n.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Persaingan yang ketat antar media dan produsen film untuk memasarkan produknya yang berupa film. Tantangan dalam dunia film saat ini tidak hanya mengalahkan para pesaingnya dalam merebut pasar tapi harus membuat film yang diproduksi benar-benar tanggap terhadap keinginan masyarakat. Salah satu cara untuk merebut pasar film adalah dilakukan pengiklanan di media sosial Youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa efektivitas trailer film Indonesia di youtube sebagai dasar pengambilan keputusan menonton film di bioskop pada mahasiswa angkatan 2012 Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiah Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, pendekatan Korelasional. Penentuan pendekatan tersebut karena penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pengaruh trailer film terhadap keputusan menonton film di bioskop. Sedangkan fokus penelitian pada trailer film dilakukan pendekatan dengan formula AIDA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action) atau perhatian, ketertarikan, keinginan, keyakinan dan tindakan dari mahasiswa terhadap trailer sehingga memutuskan menonton film. Teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Adapun jumlah responden di dalam penelitian ini sebanyak 107 orang dan teknik analisa data yang dipergunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa trailer film Indonesia di youtube cukup efektif dalam menarik perhatian, keinginan, keyakinan, dan tindakan untuk menonton film di bioskop. Perilaku calon penonton film dalam akan menentukan proses pengambilan keputusan untuk menonton film atau tidak melalui sebuah proses yang terdiri dari enam langkah yaitu: Menganalisa keinginan dan kebutuhan menilai sumber-sumber informasi tentang film, menetapkan tujuan menonton film, mengidentifikasi alternatif menonton film, keputusan menonton Film, dan perilaku setelah menonton film. Selain itu, Efektivitas trailer film Indonesia di media sosial youtube berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menonton film di bioskop. Artinya semakin tinggi tingkat efektivitas trailer film Indonesia di media sosial youtube maka akan semakin tinggi pula keputusan menonton film di bioskop. Dan sebaliknya semakin rendah tingkat efektivitas trailer film Indonesia di youtube maka akan semakin rendah pula keputusan menonton film di bioskop.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 11:59
Last Modified: 24 Mar 2016 11:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22357

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo