UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENDISTRIBUSIAN FILM CERITA PENDEK (Studi pada Rumah Produksi Babibutafilm)

KRISTANTI, LIZYA OKTAVIA (2016) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENDISTRIBUSIAN FILM CERITA PENDEK (Studi pada Rumah Produksi Babibutafilm). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lizyaoktav-41991-1-pendahul-n.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lizyaoktav-41991-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi rumah produksi Babibutafilm dalam pendistribusian film cerita pendek. Rumah produksi Babibutafilm merupakan rumah produksi dari beberapa judul film panjang maupun pendek. Penelitian ini fokus pada dua film pendeknya yaitu Hulahoop Sounding dan Belkibolang yang telah berhasil didistribusikan di tiga belas komunitas berbeda, sepuluh festival film bertaraf internasional dan tiga festival film nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian sebanyak tiga orang dengan menggunakan teknik purposive sample. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman sedangkan teknik triangulasi digunakan sebagai uji keabsahan data. Sesuai analisis data ditemukan bahwa yang menjadi komunikator adalah sutradara, pesannya adalah film, media atau salurannya adalah komunitas, festival dan bioskop. Target audiens kedua film tersebut adalah penonton dengan usia delapan belas tahun ke atas. Sedangkan target dana distribusi berasal dari donasi tiket dan foundation. Media publikasi yang digunakan mencakup media cetak dan elektronik. Faktor penghambat distribusi adalah infrastruktur, media promosi, publisher dan biaya pengiriman barang. Faktor pendukung distribusi adalah jaringan pertemanan dan media sosial. Dari tahapan-tahapan di atas, maka ditemukan kesimpulan yaitu dengan menggunakan saluran komunitas dan festival film melalui strategi mulut ke mulut. Karena komunitas dan festival film adalah saluran yang paling sesuai untuk distribusi film pendek dikarenakan sesuai dengan tujuan, target dan sasaran yang direncanakan. Disarankan kepada rumah produksi Babibutafilm untuk lebih menyesuaikan metode yang akan digunakan dengan target audiens yang telah ditentukan sesuai dengan konten dalam film.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 11:57
Last Modified: 24 Mar 2016 11:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22355

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo