UMM Institutional Repository

BAURAN PROMOSI PADA AGROWISATA KAMPUNG COKLAT DI KABUPATEN BLITAR

Wardhani, Visca Isma (2016) BAURAN PROMOSI PADA AGROWISATA KAMPUNG COKLAT DI KABUPATEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-viscaismaw-41993-1-pendahul-n.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-viscaismaw-41993-2-babi.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Kampung Coklat Blitar mulai dikenal luas hingga ke luar daerah dengan jumlah pengunjung yang cukup tinggi,dan bahkan dapat menjadi salah satu tujuan wisata ke daerah tesebut. Adanya minat masyarakat untuk berkunjung dapat dikaitkan dengan unsur bauran promosi dalam kegiatan integrated marketing communication.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi yang dipergunakan oleh Kampung Coklat Blitar. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah integrated marketing communication (IMC). IMC adalah suatu proses pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program komunikasi persuasif kepada pelanggan dan calon pelanggan secara berkelanjutan. Tujuan IMC adalah mempengaruhi atau memberikan efek langsung kepada perilaku khalayak sasaran yang dimilikinya.Bauran promosiatau bauran IMC terdiri atas sarana-sarana komunikasi seperti berikut ini: sales force (personal selling), periklanan, promosi penjualan, penjualan langsung (data base marketing), public relations, sponsorship, eksibisi, corporate identity, packaging (pengemasan), point of sale, merchandising, word of mouth (komunikasi dari mulut ke mulut), internet dan media baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Kampung Coklat Blitar dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran promosi atau integrated marketing communication yang dilakukan oleh Kampung Coklat Blitar meliputi lima elemen bauran promosi yaitu: 1) Periklanan (advertising), yang dilakukan oleh Kampung Coklat Blitar dengan menyebarkan brosur yang dibagikan kepada masyarakat dan pengunjung dan papan reklame (bilboard) sekaligus petunjuk jalan ke Kampung Coklat Blitar yang ditempatkan di lokasi strategis di pinggir jalan; 2) Promosi penjualan (sales promotion), yang dilakukan oleh Kampung Coklat dengan menerapkan tarif gratis bagi pengunjung yang hanya berniat berbelanja produk. Promosi penjualan tersebut disajikan dan terlihat pada brosur Kampung Coklat Blitar; 3) Eksibisi, yang dilakukan oleh Kampung Coklat dengan mengikuti berbagai pameran produk unggulan daerah baik yang dilaksanakan di dalam maupun di luar daerah Blitar bahkan di luar negeri; 4) Word of mouth (komunikasi dari mulut ke mulut), yang dilakukan oleh Kampung Coklat melalui paket edukasi tentang coklat, mulai dari penanaman hingga pengolahannya menjadi produk hasil olahan coklat. Melalui paket edukasi pengelola Kampung Coklat memperkenalkan Kampung Coklat berserta produk - produknya sebagai bahan yang dapat diceritakan oleh pengunjung kepada orang lain; dan 5) Internetdan media baru, yang dilakukan oleh Kampung Coklat adalah dengan memiliki website sendiri yakni www.kampungcoklat.com dan www.gusantcoklat.com. Kampung Coklat Blitar juga mengandalkan promosi melalui pemberitaan atau liputan jurnalistikdi media internet. Adanya media baru sepertimedia sosial di internet menjadi sarana tidak langsung bagi Kampung Coklat untuk dikenal oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 11:51
Last Modified: 24 Mar 2016 11:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22349

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo