UMM Institutional Repository

Proses Mediasi Dalam Penanganan Perselisihan Hubungan Industrial Karena Pemutusan Hubungan Kerja (studi kasus terhadap perselisihan PHK antara buruh MS berhadapan dengan PT. MJ di Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Kota Malang Tahun 2013)

Karim, Herman Muhamad (2015) Proses Mediasi Dalam Penanganan Perselisihan Hubungan Industrial Karena Pemutusan Hubungan Kerja (studi kasus terhadap perselisihan PHK antara buruh MS berhadapan dengan PT. MJ di Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Kota Malang Tahun 2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hermanmkar-40776-1-pendahul-n.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hermanmkar-40776-2-babi.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Skripsi dalam penelitian ini membahas tentang proses mediasi dalam proses penanganan perselisihan hubungan industrial karena pemutusan hubungan kerja antara buruh MS melawan PT. MJ tahun 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis sosiologis dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dengan cara wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen-dokumen. Wawancara dilakukan di Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Kota Malang dengan narasumber yaitu mediator, PT. MJ, buruh MS dan serikat buruh PD. Sedangkan pengumpulan data sekunder diperoleh dari literatur-literatur, perundang undang-undangan dan lain sebagainya.Dalam penelitian ini ditemukan bahwa, sebelum proses mediasi dilakukan. Maka langkah pertama yang dilakukan oleh mediator yaitu mempelajari berkas bipartit. Kedua mediator menawarkan kepada para pihak yaitu PT. MJ dan buruh MS untuk memilih bentuk penyelesaian berupa mediasi, konsiliasi, atau arbitrase. Karena kedua belah pihak tidak menetapkan pilihan maka, mediator menetapkan bentuk penyelesaian berupa mediasi. Proses mediasi dilakukan dan ternyata dalam proses tersebut tidak ditemukan titik temu karena PT. MJ tetap pada pendiriannya untuk memutus hubungan kerja dengan buruh MS disebabkan tindakan indisipliner yang dilakukan oleh buruh MS tidak dapat ditolerir disebabkan tindakan indispliner selalu terulang, sehingga mediasi dinyatakan gagal. Karena gagalnya mediasi, maka mediator mengeluarkan anjuran tertulis berupa uang kompensasi sebesar Rp. 19.505.265-, sedangkan PT. MJ tidak sepaham dengan mediator dalam jumlah kompensasi, menurut PT. MJ kompensasi yang harus diterima buruh MS Rp. 22.500.000-, dan anjuran tersebut ditolak oleh buruh dan buruh MS akan melanjutkan perselisihan tersebut ke pengadilan hubungan industrial di lingkungan Pengadilan Negeri Surabaya. Karena perselisihan ini telah diproses dipengadilan, maka penelitian ini berhenti sampai pada proses mediasi di Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 11:47
Last Modified: 24 Mar 2016 11:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22347

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo